Mulai Tahun Depan, Bayi Asal Inggris Bisa Saja Memiliki Tiga Orang Tua Biologis

Bayi-Bayi

Bayi-Bayi

PADANGTODAY.COM-Mulai tahun depan, bayi asal Inggris bisa saja memiliki tiga orang tua biologis. Lho, bagaimana bisa? Bukannya di mana-mana yang normal orang tua ya cuma ayah dan ibu?

Kamis (5/2), Undang-Undang in-vitro fertilisation (IVF) yang baru saja diloloskan parlemen menyatakan warga Inggris memiliki penyakit turunan diizinkan mencari donor mitokondria dari pihak ketiga. Tujuannya agar penyakit yang diderita ayah atau ibu, tidak menurun pada keturunan mereka.

“Kebijakan ini sangat dibutuhkan keluarga yang tahu bagaimana rasanya melihat putra-putri mereka mengidap penyakit keturunan,” kata Direktur Lembaga Kesehatan Wellcome Trust Jeremy Farrar.

Prinsip kerja UU IVF seperti berikut. Dalam proses fertilisasi, selain membawa DNA ayah-ibu, embrio bayi akan mendapat suntikan DNA dari donor perempuan lain yang sehat.

Kebijakan ini terutama ditujukan bagi 2.500 wanita Inggris yang disinyalir mengidap kelainan mitokondria. Bila ‘pabrik sel penghasil energi’ manusia itu mengalami masalah, anak yang lahir berisiko mengidap pengerutan otot, diabetes, hingga mata minus.

Kementerian Kesehatan Inggris mencatat lebih dari 125 bayi di negara itu lahir dengan memiliki penyakit bawaan saban tahun.

Fasilitas Riset Fertilisasi di Kota Newcastle akan jadi percontohan program ini. Parlemen Inggris mengizinkan praktik suntikan DNA orang tua ‘ketiga’ mulai awal 2016.

Tidak semua orang senang dengan legalisasi manipulasi genetik tersebut. Khususnya kalangan rohaniwan yang menganggap perubahan sel sama saja manusia berusaha melawan kuasa Tuhan.

“Gereja menolak praktik manipulasi embrio. Selain itu tidak ada kepastian bahwa kebijakan ini bisa mengurangi potensi cacat atau penyakit bawaan,” ujar juru bicara Gereja Inggris dalam keterangan tertulis.
(ard/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas