Musda ke-X LKAAM Segera Digeber

H.Abdul Aziz Dt.Gindo Malano, SH.

H.Abdul Aziz Dt.Gindo Malano, SH.

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com-Musyawarah Daerah ini adalah musyawarah niniak mamak, para pemangku adat, bentuk kedaulatan tertinggi dari Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Limapuluh Kota yang akan diikuti oleh niniak mamak dan pemangku adat dari tiap nagari di Kabupaten Limapuluh Kota.

Demikian disampaikan oleh H Abdul Aziz Dt Gindo Malano SH, Panitia Musda LKAAM ke-X Kabupaten Limapuluh Kota di Medan Nan Bapaneh Katian Putuih, Jumat (18/10).

Diakui Musda ke-X ini sudah beberapa kali tertunda karena seharusnya sudah dilaksanakan pada bulan Maret 2014 kemaren. Penundaan ini sesuai dengan keputusan pengurus LKAAM Kabupaten Limapuluh Kota Nomor.24/SK-LKAAM/LPK/2013, Tanggal 29 November 2013. “Dikarenakan beberapa hal diantaranya karena bertepatan dengan pesta demokrasi yang digelar, baik itu Legislatif maupun Pilpres,”tegas H.Abdul Aziz Dt. Gindo Malano.

Musda kali ini nantinya akan membahas masalah pertanggung jawaban akhir masa jabatan pengurus masa bakti 2009-2014, memilih pengurus baru periode berikutnya 2014-2019,  penyampaian perubahan materi Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) hasil Mubes, penjabaran program kerja LKAAM Provinsi menjadi program kerja LKAAM Kabupaten Limapuluh Kota dan penjabaran rumusan Implementasi Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah, Syara’ Mangato Adat Mamakai, Alam Takambang jadi Guru sesuai dengan kondisi daerah tambah Abdul Aziz.

”Sementara Dasar pelaksanaan Musda LKAAM ini adalah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga LKAAM Pasal 19,20 dan 21, Keputusan Rapat Pengurus LKAAM Kabupaten Limapuluh Kota Tanggal 16 September 2014 dan Surat Keputusan Pengurus LKAAM Kabupaten Limapuluh Kota Nomor 16/LKAAM-LK/2014, Tanggal 16 September 2014, “ujarnya.

Pelaksanaan LKKAM kali ini juga mengusung tema Musda tahun ini, “Dengan Musda LKAAM Kita Tingkatkan Peran Kepemimpinan Niniak Mamak Sebagai Asset Pembangunan Dalam Menyikapi Kearifan Lokal yang akan dilaksanakan selama dua hari tanggal 24 September dan 25 September 2014, di Medan Nan Bapaneh Katian Putuih Sarilamak Kecamatan Harau.

“Peserta Musda LKAAM ke-X Kabupaten Limapuluh Kota nantinya akan diikuti oleh 234 orang peserta yang terdiri dari utusan Niniak Mamak, Pemangku Adat setiap nagari, pengurus LKAAM setiap kecamatan, pengurus LKAAM Kabupaten Limapuluh Kota dan pengurus LKAAM Provinsi Sumbar,”tandas H.Abdul Aziz Dt. Gindo Malano.(malin​)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*