Musfi Yendra : Gerakan Masjid Untuk Gaza

Dompet Dhuafa Bantu Meringankan Beban Rakyat Gaza.

Dompet Dhuafa Bantu Meringankan Beban Rakyat Gaza.

Padang, PADANGTODAY.com – Berlatar belakang rasa solidaritas atas tragedi perang dan banyaknya korban yang jatuh di bumi Gaza, Palestina selama lebih sebulan ini, Dompet Dhuafa Singgalang dan sejumlah masjid di Kota Padang, Padang Pariaman, Payakumbuh, dan Solok Selatan melakukan gerakan bersama peduli Gaza. Menurut Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Musfi Yendra, gerakan ini akan terus digalakkan sepanjang tahun.

“Gerakan bersama yang massif tentu akan membuat gerakan solidaritas ini berjalan maksimal, ke depan gerakan ini tidak untuk Gaza saja tapi juga terutama untuk masyarakat kita di ranah Minang yang kesulitan,” paparnya Selasa (12/8).

Momen Gaza justru menjadikan umat Islam bersatu padu untuk turut ‘berbuat’ pada masyarakat muslim di Gaza Palestina. Bergabungnya sejumlah masjid dengan Dompet Dhuafa Singgalang menajdi bukti hikmah, tersambungnya silaturahim dan keinginan bersama untuk meringankan beban orang-orang kesulitan dan dhuafa.

Ustadz Arif, salah satu mitra, mengungkapkan syukur akan kerjasama berbagai masjid ini untuk Gaza melalui Dompet Dhuafa. “Kami sudah melihat bukti-bukti penyaluran donasi dari Indonesia untuk masyarakat Gaza melalui Dompet Dhuafa, kami percayakan donasi masyarakat masjid kami kepada Dompet dhuafa Singgalang,” katanya.

Sementara itu, Kepala Divisi Program Dompet Dhuafa Singgalang, Karsini, mengatakan bahwa selain program berkelanjutan “Gaza Food Bank”, Dompet Dhuafa juga akan mendirikan sekolah di Gaza. Dalam waktu dekat, gerakan masjid ini akan melakukan tabligh akbar tentang Palestina di Padang Pariaman.

Adapun masjid yang kini sudah bergabung dalam gerakan yakni Masjid Raya Kasang Padang Pariaman, Al mUttaqin Muhammadiyah Pasar Baru, Mushala Darussalam Pasar Baru, Masjid Raya Kampung Dalam, Masjid Raudhah Gunung Pangilun, Masjid Pampangan, Masjid Baitul Huda Tabing, Masjid Muslimin Payakumbuh, dan Masjid di Solok Selatan.

Sementara info terakhir terkait penyaluran bantuan ke Gaza, kami dapat Rabu minggu lalu (6/8). Meski kondisi masih mencekam, Dompet Dhuafa terus menyalurkan bantuan kepada warga Gaza di Palestina. Terbaru, melalui Palestinian Welfare House (PWH), mitra Dompet Dhuafa di Palestina, bantuan disalurkan kepada sekitar 330 kepala keluarga (kk).

“Sejauh ini sudah sekitar 500 KK yang mendapatkan distribusi bantuan. Bantuan yang diberikan adalah makanan siap santap dengan pembelian sapi, akan ada penyembelihan dan masak di dapur umum untuk dibagikan kepada warga,” ujar Manager Social Development Dompet Dhuafa, Nugroho Indera Warman.

Selain makanan siap santap, Dompet Dhuafa juga mendstribusikan air bersih, sembako, dan peralatan operasional yang mendesak untuk mendukung bantuan lainnya. Sementara untuk program pendirian sekolah masih dalam perencanaan. (winda/gie/ari)

Lewat ke baris perkakas