Muslim Kasim: Orientasi Tugas Penting bagi DPRD

Wagub Sumbar, Muslim Kasim saat membuka kegiatan orientasi.

Wagub Sumbar, Muslim Kasim saat membuka kegiatan orientasi.

Advertisements

Bukittingi, PADANGTODAY.com – Munculnya muka-muka baru ini di satu sisi membawa harapan baru bagi masyarakat yaitu kinerja DPRD  nantinya dapat meningkat. Di sisi lain, melihat caleg terpilih banyak muka-muka baru, tentunya mereka ini perlu diberikan oreantasi tugas tentang wewenang dan tugas DPRD.

“Sebab tidak terbantahkan, tanpa ada maksud merendahkan caleg terpilih ini, melihat larat belakang pendidikan, pengalaman, pekerjaan, pergaulan dan lainnya masih ada mungkin yang belum tahu apa itu tugas DPRD. Apalagi ketika mendekati pemilihan legislatif dulu, banyak di antara caleg terpilih yang masuk partai secara instan, artinya mereka masuk ke partai politi tanpa melalui proses yang panjang dan tanpa melalui kaderisasi,” ujar Muslim Kasim dalam sambutannya saat membuka acara Orientasi Tugas Anggota DPRD Kab. Sijunjung dan Kota Sawahlunto periode 2014-2019 di The Hills Hotel Bukittinggi, Selasa (19/8).

Muslim Kasim menambahkan, supaya tidak menimbulkan masalah baru ketika nanti menjalani tugas kedewanan di DPRD, sebab partai politik awalnya yang diharapkan memberikan kaderisasi kepada caleg tentang politik, tugas dan fungsi DPRD, ternyata sama sekali tidak melaksanakan itu di karenakan sibuk menyiapkan pemilihan legislatif.

Akibatnya, begitu caleg tersebut terpilih menjadi anggota DPRD bingung apa yang mau diperbuat disebabkan ia tidak pernah diberikan pelatihan dan kaderisasi oleh partai politik. Apalagi caleg terpilih ini nantinya baru pertama kali masuk menjadi anggota partai politik dan tidak punya pengalaman menghadapi dunia birokrasi dan masyarakat.

Sementara itu, atas diselenggarakannya kegiatan orientasi ini, Muslim Kasim memberikan Apresiasi dan motivasi kepada para Anggota Dewan agar sukses menjalankan tugas..

Usai menghadiri kegiatan tersebut, Wawako Bukttingi H. Harma Zaldi, mengajak Wagub Muslim Kasim mengahdiri Halal bil halal Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi. Turut hadir Kakanwil DJP Sumbar-Jambi, M. Ismiransyah M.Zain, Pejabat DPRD Bukittingi Bapak Trismon, SH dan Pengusaha/ para wajib pajak se Kota Bukittinggi yang juga berhalal bi halal di The Hills Hotel Bukittinggi. (ag)