Muslim Kasim: Sindir Pemuda Soal Gerakan Pramuka

Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim.

Advertisements

Padang, PADANGTODAY.com-Pramuka merupakan kader bangsa, kader generasi dalam membentuk generasi muda berkarakter, anggota pramuka saat ini merupakan kader bangsa, pemimpin bangsa masa depan. Pramuka merupakan gerakan sosial pramuka adalah asset bangsa.

“Generasi muda sekarang banyak berperan dalam dunia politik dan tidak banyak masuk pada gerakan pramuka yang merupakan gerakan sosial,” hal ini di sampaikan Wakil Gubernur Muslim Kasim saat memberikan sambutannya pada Workshop Fasilitasi Pembentukan dan Pengembangan Satuan Komunitas (Sako) dan Gugus Darma Pramuka tahun 2014 di hotel pusako Bukittinggi, Senin (22/09).

Dikatakan, peranan keluarga sebagai pelaku pendidik informal yang dilakukan orang tua dalam membentuk karakter anak-anak sangatlah penting. Sementara persoalan kaum muda sering terjadi diantara rumah dan sekolah, maka menjadi penting peranan gerakan pramuka dalam mengatasi permasalahan kaum muda termasuk masalah sosial.

Dalam gerakan kepramukan kita di ajarkan hidup mandiri, tolong menolong punya jiwa sosial yang tinggi , apalagi kita hidup di daerah rawan bencana seorang pramuka harus punya jiwa sosial yang lebih punya ketangkasan, ujarnya.

“Kita akui pada saat ini banyak generasi muda yang mulai kurang peduli terhadap masalah-masalah sosial dan kebangsaan, rasa cinta pada tanah air, tidak peduli dengan sejarag dan nilai nilai budaya bangsa, meraka peduli dengan politik tapi tidak peduli dengan masalah sosial,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, dalam undang undang nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka, keberadaan satuan komunitas dan gugus darma merupakan organisasi pendukung dalam lembaga gerakan pramuka. Sesuai dengan keputusan kwatir nasional gerakan pramuka no 176 tahun 2012 tentang petunjuk penyelenggaraan gugus darma pramuka, bahwa gugus darma pramuka adalah satuan organisasi bagi anggota dewasa gerakan pramuka yang tidak menjabat sebagai pengurus organisasi dan tenaga pendidik dan merupakan sebagai wadah pengabdian untuk memajukan gerakan pramuka yang bertujuan untuk membantu mengembangkan kepramukaan bersama kwatir, dalam bentuk sumbangan pemikiran, tenaga, materil dan finansial yang diwujudkan terutama dengan memfasilitasi kegiatan gugusdepan, tuturnya.

Sedangkan yang menyangkut dengan satuan komunitas (sako) adalah satuan organisasi penyelenggara pendidikan kepramukaan, yang berbasis antara lain profesi, aspirasi dan agama yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi gugusdepan berbasis komunitas maupun berbasis satuan pendidikan yang mempunyai kesamaan profesi, aspirasi dan agama, jelasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Suryadi MS Wakil Ketua Kwarnas Pusat, Igusti Putu Raka Pariana Mpd Asisten Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olah Raga RI. Dalam sambutannya, Igusti Putu Raka Pariana menyampaikan, kegiatan Workshop Fasilitasi Pembentukan dan Pengembangan Satuan Komunitas (sako) dan Gugus Darma Pramuka tahun 2014
Bertujuan memberikan informasi yang seluas luasnya tentang gerakan pramuka, serta merumuskan dan mengembangkan pramuka di tanah air dan aksi aksi di daerah.

“Dangan kegiatan ini kita akan dapat menentukan kebijakan dan strategi dalam mengembangkan pramuka di seluruh tanah air,” ulasnya.(can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*