Musrembang Kabupaten Dimulai, Ketua DPRD Minta Pemkab Prioritaskan Pembangunan Sesuai Skala

Fhoto : Musyawarah pembangunan (Musrembang) Kab. Tanah Datar, diharapkan mampu memprioritaskan pembangunan sesuai skala prioritas di kabupaten. Musrembang dilaksanakan di Aula Eksekutif Kantor Bupati Pagaruyung, Rabu (21/3).(ddy)

Tanah Datar, www.padang-today.com,- Pemerintah daerah (pemkab) Kabupaten Tanah Datar agar memprioritaskan pembangunan sesuai dengan skala prioritas kabupaten, dan lebih mengutamakan skala kebutuhan masyarakat.

“Terutama di sektor pembangunan, kita masih melihat kondisi beberapa jalan propinsi dan kabupaten yang perlu dibenahi,” ucap Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanah Datar Anton Yondra saat pembukaan Musyawarah Pembangunan (Musrembang) Kabupaten Tanah Datar tahun 2018 di Aula Eksekutif Kantor Bupati Pagaruyung, Rabu (21/3).

Anton Yondra juga menyampaikan, yang menjadi prioritas mesti jadi perhatian oleh pemkab dan yang penting menurutnya adalah perbaikan sarana jalan serta persoalan pendidikan yang ada di daerah tersebut.

“Yang sangat penting adalah meningkatkan koordinasi dalam menyampaikan aspirasi dan memperkuat sinergi antara pemda dengan DPRD serta perantau untuk kemajuan Tanah Datar kedepannya,” tutur Anton.

Musrembang yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumbar Hendra Irwan Rahim dan Arkadius Dt Intan Bano, anggota Bukhari Dt. Tuo, Anton juga menyorot masalah kewenangan provinsi terhadap SLTA.

“Dalam memberikan bantuan kepada siswa yang kurang mampu, kami legislatif di kabupaten terkendala kewenangan tersebut,” tegasnya.

Sementara itu, Wabup Zuldafri Darma dalam sambutannya mengatakan, untuk saat ini pemkab memfokuskan empat pilar pembangunan di Tanah Datar, diantaranya kata wabup adalah yakni sumber daya manusia, pertanian, pariwisata dan pelayanan publik.

Diberbagai aspek pembangunan itu ujar wabup, juuga terdiri dari beberapa bidang yang menjadi skala prioritas oleh pemkab, yaitu bidang pendidikan, kesehatan, pertanian dan kebudayaan.

“Untuk bidang pertanian, dalam hal ini pemerintah akan memberikan prioritas dalam peningkatan produktivitas pertanian sesuai dengan sumber daya lokal, dan diharapkan mampu mendobrak peningkatan pembangunan pada bidang lainnya,” kata Zukdafrib Darma.

Disamping itu kata wabup Zuldafri, Musrenbang merupakan wahana koordinasi antar pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan pembangunan daerah.

“Untuk itu program dan kegiatan yang akan disusun haruslah mengacu pada pencapaian target yang ada di RPJMD. Pendekatan Parisipatif menjadi sangat penting karena diharapkan mampu melahirkan program dan kegiatan prioritas yang betul-betul lahir dari kebutuhan yang dirasakan dan diusulkan langsung oleh masyarakat,” pungkas Zuldafri.(ddy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas