Musrenbang Usulan Yang Telah dihimpun Akan Dipertajam Lagi

Padang Panjang, Padang-Today.com – “Usulan yang telah dihimpun ditingkat kelurahan kiranya dapat dipertajam lagi, agar usulan tersebut dapat memenuhi syarat untuk diteruskan ke proses selanjutnya,” ujar Plt. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan Kota Padang Panjang sekaligus Kepala BAPPEDA Sonny Budaya Putra, AP, M.Si yang membuka secara resmi acara Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Kecamatan di aula Kantor Camat Padang Panjang Barat, Selasa (13/2).Acara tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPRD Padang Panjang Dr. Novi Hendri, SE. MSi, Camat Padang Panjang Barat Oksah Kebendrip, SH , unsur Forkopimca, serta pimpinan OPD di lingkungan Pemko Padang Panjang.

Musrenbang merupakan media dalam menyampaikan usulan untuk rencana pembangunan. Tujuan dari musrenbang kecamatan ini untuk penajaman, melaraskan, mengklarifikasi dan menyepakati prioritas usulan rencana pembangunan.

Sonny Budaya mengatakan prinsipnya, musrenbang kecamatan ini dilakukan untuk membahas dan menyepakati hasil musrenbang yang telah dilaksanakan di tingkat RT dan Kelurahan yang akan menjadi kegiatan prioritas pembangunan diwilayah kecamatan.

“Saya berharap agar yang diusulkan benar-benar logis memenuhi kriteria yang ditentukan serta bermanfaat bagi masyarakat secara luas,” ujar Sonny.

Kegiatan prioritas tingkat kecamatan yang disepakati dan diusulkan ke tingkat kota diharapkan untuk tetap mengacu pada program kegiatan prioritas berdasarkan RPJMD Padang Panjang Tahun 2013-2018, Sonny menyudahi.

Senada dengan itu, Novi Hendri memaparkan segala program kegiatan yang akan dilaksanakan dimulai dari perencanaan.

“Kegiatan musrenbang kecamatan jika tidak dimulai dari perencanaan, maka kegiatan tersebut tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” tutur Novi Hendri.

Kegiatan musrenbang yang dilaksanakan bisa berjalan sesuai dengan yang diharapakan dilihat dari tingkat partisipasi masyarakat.

“Makin minim masyarakat yang ikut dalam kegiatan musrenbang berarti kegiatan ini tidak berjalan dengan baik dan tidak diminati,” tambah Novi Hendri.

Sementara itu Oksah Kebendrip, SH berharap dengan adanya musrenbang ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan pembangunan infrastruktur di kecamatan Padang Panjang Barat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*