Mutasi Segera Bergulir di Pemkab Solok

* Kinerja Kepala SKPD Dievaluasi

Advertisements

SOLOK, PADANG-TODAY.COM

Setelah sekian lama hanya sebatas isu, mutasi pejabat di Pemkab Solok akan segera bergulir. Hal itu ditegaskan langsung oleh Bupati Solok Gusmal, kemarin. Menurutnya, penegasan ini diperlukan untuk mendukung suksesnya program Empat Pilar Pembangunan yang menjadi janji kampanye dulu. Karena itu, menurutnya diperlukan para pejabat yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, berintergritas dan loyalitas tinggi.

“Perlu diingat bahwa jabatan adalah amanah yang memiliki beban moral kepada masyarakat. Fungsi pemerintahan adalah untuk menjembatani kepentingan masyarakat. Karena itu kita butuh pejabat yang memiliki tanggungjawab kerja tinggi,” katanya.

Gusmal juga menegaskan bahwa mutasi perdana di periode keduanya menjadi Bupati Solok ini, bukan aksi balas dendam pada Pilkada lalu. Pamong senior yang menjadi bupati pada periode 2005-2010, namun gagal terpilih pada periode 2010-2015 ini, mewanti-wanti mutasi kali ini tidak dimanfaatkan pihak lain untuk melemahkan kinerja pemerintahannya. Dia berharap momentum mutasi ini bisa dimanfaatkan oleh para pejabat di Pemkab Solok untuk menunjukkan kinerja.

“Tidak ada dendam politik maupun balas budi politik dalam pemerintahan kami. Yang ada adalah, kami akan memakai pejabat-pejabat terbaik yang bisa membantu jalannya pemerintahan ke depannya. Sampai hari ini, kami masih memantau dan mengevaluasi kinerja masing-masing pejabat eselon IV, III dan II dilingkup Pemkab Solok,” kata Gusmal.

Sejak dilantik pada 17 Februari lalu, Gusmal bersama Wabup Yulfadri Nurdin langsung melakukan pengamatan dan evaluasi terhadap seluruh pejabat di lingkup Pemkab Solok. Gusmal menegaskan pejabat terbaiklah yang akan diangkat untuk membantu pemerintahannya ke depan.

“Saya bersama Pak Yulfadri Nurdin (Wabup,red) bukanlah orang baru di Pemkab Solok. Saya di sini pernah menjadi staf, Kabid, Kepala Dinas, hingga menjadi Sekretaris Daerah. Tentu saja saya tahu bahwa hanya dengan kerja keras, komitmen, integritas dan loyalitaslah atasan bisa menaruh kepercayaan. Demikian juga dengan Pak Yulfadri. Beliau sudah dua kali menjadi anggota DPRD Kabupaten Solok. Beliau juga pasti tahu apa yang dibutuhkan Kabupaten Solok,” ujarnya.

Rencana mutasi ini juga mendapat tanggapan positif dari DPRD Kabupaten Solok. Ketua DPRD Kabupaten Solok Hardinalis menyatakan dalam mutasi ini Bupati dan Wabup Solok harus memiliki keberanian dan komitmen untuk menata ulang sistem dan kompetensi pejabat Pemkab Solok.

“Keberhasilan program Empat Pilar Pembangunan yang dicanangkan Pemkab Solok sangat bergantung pada kompetensi dan SDM para pejabat di Pemkab Solok. Jadi jangan ragu-ragu untuk melakukan perombakan dan mutasi untuk perbaikan ke depannya,” ujarnya. (Rijal Islamy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*