Muzakarah dan Pengukuhan Pengurus MUI Sumatera Barat diselenggarakan di Padang Panjang

Padangpanjang, padangtoday – Ditunjuknya Padang Panjang sebagai penyelenggara Muzakarah serta pengukuhan Pengurus MUI se Sumatera Barat pada Jumat (11/3) menurut Ketua MUI Sumatera Barat terpilih priode (2015 – 2020) Buya Gusrizal adalah untuk mengangkat kembali marwah MUI Sumatera Barat karena disinilah pertama kali dilaksanakannya Muzakarah se Sumatera Barat dan disini pula lah tempat dilaksanakannya ” Ijtima’” Komisi Fatwa se – Indonesia dimana belum pernah event tersebut dibawa keluar pulau jawa melainkan satu satunya adalah di Sumatera Barat yaitu di Padang Panjang.

Advertisements

“Memang inilah serambi mekah karena setiap kita hadir di sini kita merasakan bagaimana nuansa keimanan dan pendidikan islam bergerak di kota ini. Kita berharap langkah pertama di kota Padang Panjang ini dapat mendapatkan Taufiq dan hidayah dari Allah SWT”, ungkap Buya Gusrizal.

Walikota Hendri Arnis mengungkapkan rasa terima kasih atas di tunjuknya kota Padang Panjang sebagai penyelenggara Muzakarah dan pengukuhan pengurus MUI Sumatera Barat. Kemudian beliau juga menyampaikan bahwa hendaknya ulama bisa berperan aktif ditengah masyarakat karena ulama adalah pewaris Rasulullah Muhammad SAW .” Ulama harus mengetahui banyak hal karena dinamika kehidupan yang cukup kompleks menjadikan ulama tempat mereka bertanya untuk meyelesaikan problem yang mereka hadapi”, ungkapnya.

“Adanya penyimpangan dari masyarakat terhadap norma agama dan adat Minangkabau yang befalsafah Adat bersandi sarak,sarak bersandi kitabullah adalah tantangan dan tanggung jawab kita bersama untuk mengatasinya.oleh karena itu dengan diadakannya muzakarah oleh para ulama se Sumatera Barat yang diselenggarakan di Padang Panjang ini hendaknya bisa memberi rekomendasi kepada Pemerintah Sumatera Barat agar bisa di terapkan di tengah tengah masyarakat”. Ujar Wako Hendri Arnis.

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyampaikan terima kasih kepada Walikota Padang Panjang Hendri Arnis yang telah memfasilitasi Ulama Sumatera Barat untuk mengadakan muzakarah di di kota Padang Panjang.kemudian mengenai Muzakarah Gubernur Irwan Pryitno mengharapkan agar hendaknya apa yang di diskusikan ada tindak lanjutnya tidak hanya sekedar pembicaraan saja.

Ucapan selamat juga disampaikan oleh Gubernur kepada Pengurus MUI yang baru.” Semoga pengurus MUI Sumatera Barat yang baru bisa mengemban amanah”. Pungkasnya.

Acara dihadiri oleh Perwakilan MUI dari 19 kota dan Provinsi se Sumatera barat,SEKJEN MUI Indonesia, perwakilan dari KAKANWIL KEMENAG Sumatera Barat,DANDREM dan undangan lainnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*