Nagari Tandikat Pasca Gempa 2009, Jalin Silaturahim Dengan Masyarakat

Tim safari Ramadhan Padangpariaman saat berkunjung ke nagari Tandikat

Tim safari Ramadhan Padangpariaman saat berkunjung ke nagari Tandikat

Padangpariaman, PADANGTODAY.com – Nagari-nagari di Kabupaten Padangpariaman saat ini berjumlah 60 nagari. Rata-rata nagari di Kabupaten Padangpariaman telah berlomba-lomba melaksanakan bebragai jenis pembangun. Baik pembangunan mental dan aklak masyarakat maupun pembangunan sarana para sarana dalam nagarinya.

Apalagi pasca gempa bumi tahun 2009 Kabupaten Padangpariaman diterjang musibah gempa. Akibat berbagai jenis sarana ibadah banyak yang mengalami kerusakan. Namun, berkat jiwa gontong royong kondisi tersebut dapat berubah, meski secara bertahap. Apalagi para donatur berdatangan ke masing-masing nagari.

Contoh, Nagari Tandikat, Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padangpariaman pada saat terjadi musibah gempa tahun 2009 kondisinya paling parah. Namun, sekarang telah mulai berbnah. Bahkan hampir semua sarana para sarana telah mulai membaik. Semuanya terujut karena budaya gontong royong berjalan dengan baik di nagari tersebut hingga kini.

Ditambah lagi lagi masyarakat setempat setiap menyampaikan aspisrasi ke walinagari. Settiap kesempatan apa yang dibutuhkan masyarakat disampaikan ke walinagari. Semuanya ditampung walinagari. Sebab, aspirasi untuk kemajuan nagari Tandikat yang lebih baik ke depannya.

Buktinya, dibulan suci ramadhan ini nagari membuat tim safari. Tim tersebut bergantiang mendatangi sarana ibadah di nagari ini. Bahkan pada malam kemarin langsung dihadiri Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni.

Walinagari Tandikat, Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padangpariaman Zahidin menyatakan, rombongan tim ini kelilingi rumah ibadah dalam nagari selama bulan suci ramadhan ini.

“Seluruh rombongan kita ini tergabung dalam tim safari ramadhan nagari. Kali ini rombongan kita mengunjungi Masjid Raya Puncung Anam, Nagari Tandikat,” kata Zahidin, kemarin.

Katanya, kunjungan ini bertujuan dalama rangka membangun komunikasi harmonis antara pemerintah nagari dengan seluruh lapisan masyarakat. Disamping itu kunjungan ini juga dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat terutama untuk kemajuan pembangunan nagari. Sebab, dengan turun ke lapangan ini aspirasi warga ini langsung ditampung. Selanjutnya, aspirasi ini dirapatkan dalam nagari sebelum diteruskan ke kecamatan atau kabupaten.

“Saya langsung pimpin tim ini. Saat kita turun langsung disambut masyarakat. Apalagi di bulan suci ini masyarakat langsung menyambut dengan menu berbuka puasa dan langsung shalat magrib dan trawih bersama-sama. Ditambah lagi pelaksanaan tausiah yang disampaikan oleh Nurdin Tuangku Sultan dari mahasiswa STIT SB Pariaman yang melaksanakan KKN di nagari kita ini sebanyak 14 orang,” ujarnya .

Dikatakan, nagarinya khususnya Puncuang Anam sudah banyak dilaksanakan pembangunan, baik fisik maupun non fisik. Salah satu contoh pembangunan mesjid raya ini. Masjid raya Puncung Anam ini tahun lalu belum semegah dan senyaman ini. Namun bulan suci ini sudah terlihat megah.

Terkait dengan itu, menurut Zahidin, tujuan dari safari ramadhan ini selain bersilahturahmi “maubek rindu”, juga untuk melihat secara ril kondisi dan kehidupan masyarakat, terutama keakraban dan partisipan masyarakat dalam menyambut bulan suci ramadhan.

Dirinya meminta masyarakat untuk berlomba-lomba mencari amal kebaikan, karena bulan ramadhan merupakan bulan penuh keberkahan.

Namun dirinya juga meminta kepada smeua masyarakat agar waspada, karena di bulan ramadhan memjelang hari raya idul fitri banyak sekali kejahatan, seperti perampokan, maling. Diharapkan kepada masyarakat berhati-hati mengunci rumah sebelum pergi shalat tarwih.

Sementara itu, Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni meminta kepada semua masyarakat untuk terus meningkatkan tata cara yang dilaksanakan dibulan suci ini.

Sebab, dengan menjalin komunikasi yang baik tentu nagari ini akan terus berkembang dalam segala bidang pembangunannya.

Dalam hal ini Pemkab Padangpariaman sangat mendukung apa yang telah dilakukan Walinagari Tandikat ini. Apalagi dalam kegiatan ini semua aspirasi masyarakat langsung tertampung.

“Untuk meringankan beban pengurus masjid kita sekarang memberikan bantuan pembangunan masjid sebesar Rp 750.000 kepada pengurus. Pergunakan dana ini untuk kebaikan masjid ini agar semakin indah dan nyaman semua umat islam melaksanakan ibadah shalatnya,” tambahnya.

Kemudian anggota DPRD Kabupaten Padangpariaman Bujang Pandawa sebagai putra nagari setempat mengatakan, nagarinya sudah sangat banyak perkembangan dan kemajuannya. Baik terhadap jalan maupun mesjid.

Namun dirinya berharapannya terhadap masyarakat agar selama bulan ramadhan ini lebih banyak berbuat amal. “Amal ibadah kita yang akan akan dipertangung jawaban di akhiran nantinya,” ujarnya. (nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*