Nan Sabaris Gelar Pelatihan Guru Mengaji

Panitia menyerahkan cenderamata ke pihak STAIFIQ.

Panitia menyerahkan cenderamata ke pihak STAIFIQ.

PADANGPARIAMAN,PADANGTODAY.COM-Panitia pelatihan guru mengaji Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padangpariaman Yunisma Luthan menyatakan peningkatan kemampuan dan profesionalitas tenaga pengajar mengaji adalah hal yang sangat utama dalam pengajaran alquran.

“Sumber daya tenaga pengajar yang andal, tentu akan menghasilkan santri yang hebat juga di Kecamatan Nan Sabaris ke depannya,” katanya saat pelatihan guru mengaji se Kecamatan Nan Sabaris di Mesjid Al-Muttaqin, Pauhkambar.

Katanya, acara ini berkerjasama dengan melibatkan kampus STAIFIQ Padang. Pelatihan yang digelar selama dua hari ke depan diikuti lebih dari 80 orang peserta yang berasal dari Kecamatan Nan Sabaris, bahkan beberapa peserta juga datang dari Kabupaten Agam.

“Pelatihan guru mengaji merupakan bentuk keinginan masyarakat Kecamatan Nan Sabaris dalam memberantas buta alquran. Kita mengharapkan dukungan semua pihak, sehingga Kecamatan bisa melahirkan tenaga pengajar alquran handal dalam mencetak santri-santri hafal ayat-ayat suci Allah SWT,” ujarnya.

Dikatakan, pelatihan yang diselenggarakan itu, berawal dari keinginan bersama untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas tenaga pengajar alquran di Kabupaten Padangpariaman.

Berbagai materi diberikan oleh panitia acara, mulai dari materi dasar belajar alquran seperti makharijul huruf, tajwid hingga metode pengajar yang variatif.

“Materinya meliputi hal mendasar, pengajaran alquran. Selain itu, metodologi pengajaran seperti variatif agar murid dan satri lebih cepat memahami saat belajar aquran itu,” ujarnya.

Sementara itu Camat Nan Sabaris, Jon Kenedy mengatakan, pelatihan itu merupakan yang pertama dilakukan di Padangpariaman. Menurutnya, pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan guru mengaji ini sejalan dengan program pemerintah daerah dibidang agama.

Menurut Jon Kenedy, pemerintah daerah melalui kecamatan sangat menyambut baik digelarnya pelatihan ini. Katanya, apa yang dilakukan oleh panitia sejalan dengan yang dilakukan oleh Pemkab Padangpariaman.

“Kegiatan ini sejalan dengan program Pemkab Padangpariaman dengan magrib mengaji. Pemkab jelas sangat mendukung kegiatan-kegiatan ini. Kita berharap, kegiatan ini juga dilakukan oleh kecamatan lain untuk meningkatkan kemampuan setiap guru mengaji didaerahnya,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala KUA Nan Sabaris, Muhamad Amin dalam sambutannya. Tidak sekadar dukungan saja, pihak KUA Nan Sabaris telah menyiapkan satu ruangan sebagai sekretariat Ikatan Guru Mengaji Kecamatan Nan Sabaris.

Selain pelatihan, pada akhir acara peserta juga diberikan ujian tulis dan lisan. tahapan ini dilakukan untuk mengetahui tingkat penyerapan materi yang diberikan oleh peserta pelatihan. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas