NasDem Di Sumbar Wajib Bentuk Struktur Hingga DPRt

Padang, Partai Nasional Demokrat (NasDem) wajib melengkapi kepengurusan partai hingga ke struktur Dewan Pimpinan Ranting (DPRt), di tingkat desa/kelurahan se-Sumbar.

Langkah itu merupakan tindak lanjut Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Partai NasDem seluruh Indonesia, yang berlangsung di Makassar, Sulawesi Selatan,”Sekretaris DPW NasDem Sumbar Musmaizer Dt Gamuak di Padang.

Menurutnya,Ketua Umum DPP NasDem Surya Paloh meminta penguatan internal partai dan membesarkan partai hingga ke tingkat DPRT.

“Sesuai arahan tersebut, DPW NasDem telah menggelar rakerda sudah untuk memperkuat struktur partai hingga ketingkat and bawah bawah,”ungkapnya.

Rakerdasus ada beberapa hal besar yang harus segera di kerjakan yakni perkuat struktur partai dalam rangka memperkokoh struktur untuk menghadapi pilkada 2020. “Partai NasDem di Sumbar tidak ingin berleha untuk memperkuat struktur partai hingga tingkatan paling bawah ,”jelasnya.

Dia menambahkan, perintah DPP NasDem harus siap, untuk wilayah di luar Jawa, anggota DPRt minimal 11 orang di tiap-tiap DPRt dan untuk wilayah Jawa minimal 55 orang di masing-masing DPRt

“Diwajidkan seluruh DPD NasDem Kabupaten kota di Sumbar setiap DPRt di desa/kelurahan minimal ada 11 orang. Ini berlaku untuk di tiap desa/kelurahan di seluruh Sumbar,”tegas

 Terkait soal Pilkada, kata Musmaizer sekarang bakal calon diusung partai wajib dilakukan survei.
Ada 8 lembaga survei direkomendasikan partainya kepada bakal calon kepala daerah. Partai menyerahkan kepada para calon mau menggunakan lembaga survei yang mana dan langsung berhubungan dengan lembaga survei tersebut.

“Begitu sudah ada hasil survei akan kami bahas di DPP. Partai NasDem tetap mengedepankan hasil survei popularitas dan elektabilitas ketokohan bakal calon kepala daerah di mata masyarakat konstituennya masing-masing,”ujar Musmaizer.

Dia menyatakan, ratusan balon kepala daerah telah mendaftar untuk maju Pilkada 2020.

“Ratusan daftar tersebut terdapat beberapa orang pengurus, kader maju Pilkada 2020,”pungkas dia.

Sementara itu Hendrajoni Ketua DPW NasDem Sumbar menyatakan DPW NasDem Sumbar telah melaksanakan rakerdasus. Rapat tersebut dibahas penguatan struktur partai hingga tingkatan kelurahan atau desa atau Dewan Pimpinan Ranting (DPRt)

“Pembentukan pengurus di tingkat desa menjadi syarat wajib bagi DPD NasDem kabupaten/kota,”kata dia.

Menurut Hendrajoni, terbangun struktur partai sampai tingkat desa diharapkan memudahkan NasDem untuk berkomunikasi dengan masyarakat sehingga berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat dapat dengan cepat terserap dan sebaliknya apa yang sudah diperjuangkan kader NasDem baik yang duduk di legislatif maupun di eksekutif juga dapat tersosialisasikan dengan baik dan cepat kepada masyarakat.

“Selain itu, dengan adanya pembentukan kepengurusan partai NasDem  sampai ke tingkat desa/DPRt ini akan semakin memperkokoh keberadaan NasDem di tengah masyarakat dan semakin baik dalam melayani kepentingan dan kebutuhan masyarakat,”pungkas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas