Negeri Zionis Remehkan Kegigihan Pejuang Gaza

pejabat-militer-israeIsrael, PADANGTODAY.com – Seorang pejabat intelijen militer Israel menyatakan Negeri Zionis meremehkan kegigihan pejuang Gaza dan tidak menduga perang mencapai 50 hari. Tapi dia bersikeras para pejuang Gaza berhasil dikalahkan.

Advertisements

Konflik itu, yang berakhir dengan gencatan senjata pada pekan lalu, menewaskan lebih dari 2.100 warga Palestina, sementara 66 tentara dan enam warga Israel tewas dalam pertempuran paling berdarah negara Yahudi itu dengan pejuang Gaza.

“Jika Anda bertanya dua bulan lalu, saya tidak akan mengatakan bahwa perang akan berlangsung 50 hari,” kata pejabat itu kepada wartawan dalam bahasa Inggris di sebuah pertemuan di Tel Aviv pada Selasa malam waktu setempat.

“Kami pikir akan lebih singkat untuk membuat mereka memahami yang terjadi dan kami keliru di sini. Itu kesalahan penilaian taktis, tapi ini sebuah kesalahan,” ujar pejabat itu, yang berbicara dengan syarat namanya tak disebut.

Dia mengatakan pelatihan beberapa pejuang Hamas membuatnya terkesan, tapi tidak ada “kejutan” bagi tentara Israel.

“Mereka berada dalam keadaan cukup baik dan cukup terlatih,” jelas dia tentang serangan bergaya komando amfibi dari pejuang Hamas di pantai Israel.

“Anda dapat melihat dengan jelas mereka dilatih di luar Jalur Gaza,” kata pejabat itu. “Kami belum melihat apa pun yang mengejutkan kami secara ketentaraan.”

Tapi pejabat itu menyatakan Hamas, kekuatan utama di Gaza, dan Jihad Islam, kelompok kedua terbesar di Gaza, telah dikalahkan.

“Kami pikir mereka berada dalam keadaan sangat buruk,” ucap dia, menunjukkan bahwa dua per tiga dari roket para pejuang Gaza berhasil dihancurkan dan ratusan dari mereka tewas.

Hamas dan Israel menyetujui gencatan senjata ditengahi Mesir pada 26 Agustus, di mana kedua pihak mengaku kemenangan.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*