“Nikmatnya Sedekah” Oleh: Dana Kurnia Surveyor Dompet Dhuafa Singgalang

teropong-(9)

Advertisements

Padang, PADANGTODAY.com-Sedekah asal kata bahasa Arab shadaqoh yang berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Juga berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang sebagai kebajikan yang mengharap ridho Allah SWT dan pahala semata. Sedekah dalam pengertian di atas oleh para fuqaha (ahli fikih) disebuh sadaqah at-tatawwu’ (sedekah secara spontan dan sukarela).Di dalam Al-Qur’an banyak sekali ayat yang menganjurkan kaum Muslimin untuk senantiasa memberikan sedekah. Di antara ayat yang dimaksud adalah firman Allah SWT yang artinya : ”Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami akan memberi kepadanya pahala yang besar.” (QS An Nisaa [4]: 114).

Sedekah merupakan sarana pengenalan akan sifat rahman dan rahimnya Allah, dengan mengulurkan tangan kita dalam memberi dan berbagi kepada sesama. dan itu sama halnya kita mengelurkan tangan kita kepadanya, mendekatkan dan meraih cinta-nya yang agung. barang siapa diantara kita ingin dilimpahkan kekayaannya dan diselamatkan dari malapetaka serta disehatkan jasmani dan rohaninya, maka berinfaq dan bersedekah adalah satu-satunya jalan. Dengan sedekah kesenjangan sosial tidak nampak lagi, karena orang-orang yang mampu bersedakah dengan senang hati dan ikhlas saling berbagi sedikit hartanya untuk para kaum dhuafa dan orang yang membutuhkan dan berhak menerimanya. Begitu juga sebaliknya sipenerima merasa lebih legowo dan enak menerimanya, dikarenakan keikhlasan tadi. Berbeda dengan menerima sesuatu pemberian dengan sipemberi tidak ada rasa keikhlasan didalam hatinya.

Sedekah sangat dahsyat efeknya bagi para pelakunya. Yang pertama, Sedekah itu pembersih.Apabila zakat itu membersihkan harta, maka sedekah itu bisa membersihkan jiwa. Dalam salah satu haditsnya Rosululloh Saw bersabda, “Lindungilah hartamu dengan berzakat, obati sakitmu dengan sedekah, dan hadapi gelombang kehidupan ini dengan sikap tawadhu kepada Alloh dan doa.” (HR. Baihaqi).
Yang kedua, Sedekah itu menolak bala.Sedekah itu bisa memindahkan seseorang yang akan mendapatkan takdir musibah, kepada takdir keselamatan. Kita memang tidak pernah tahu kapan musibah akan menimpa kita. Akan tetapi, sebenarnya kita bisa melakukan tindakan pencegahan yaitu dengan bersedekah sebelum melakukan aktifitas.Imam Ibnul Qayyim menjelaskan salah satu manfaat sedekah adalah bisa menghindarkan seseorang dari musibah. Menurut beliau, hal ini tidak hanya berlaku bagi orang yang memiliki keimanan kuat saja, hal ini berlaku juga untuk pelaku kemaksiatan yang bersedekah. Bahkan hal ini berlaku pula untuk orang yang tidak yakin kepada Alloh Swt apabila ia gemar bersedekah. Mudah-mudahan orang-orang seperti ini justru mendapat ganjarannya berupa hidayah keimanan.

Yang ketiga, Sedekah itu memberikan kegembiraan pada orang lain.Sedekah adalah perbuatan yang sangat disukai oleh Alloh Swt. Karena ketika seseorang mengeluarkan sedekah, ia akan membuat orang lain yang mendapatkan sedekah itu menjadi senang dan gembira.Ketika kita diberi sesuatu yang menggembirakan kita, kita tentu akan merasa senang. Akan tetapi pada hakikatnya, ada yang jauh lebih merasa senang dibandingkan kita. Ia adalah orang yang memberi kepada kita.Adapun orang yang jauh lebih senang lagi adalah orang yang ketika memberi atau bersedekah dengan tangan kanannya, tangan kirinya tidak mengetahui. Maksudnya adalah bahwa ketika kita bisa berderma, memberi, bersedekah dengan sembunyi-sembunyi maka Alloh S.W.T akan melimpahkan rasa kebahagiaan dan rasa lega di dalam hati kita. Rasa bahagia yang sangat besar dan tiada bisa ternilai dengan imbalan apapun. Demikianlah orang yang memberi dengan rasa ikhlas.

Yang keempat, Sedekah itu amalan yang tidak akan pernah terputus. Rasulullah S.A.W pernah bersabda : “Apabila anak Adam meninggal dunia maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara, yaitu : Sedekah Jariyah, Ilmu yang bermanfaat dan Do’a dari anak yang sholeh.” (HR. At-Tirmidzi). Seperti yang kita ketahui secara bersama bahwasanya setiap harta yang kita miliki pasti tidak akan dibawa saat ajal datang menjemput. Harta yang kita punya akan ditinggalkan kepada ahli waris. Sementara harta yang akan dibawa adalah harta yang telah kita sedekahkan semasa kita hidup di dunia. Sudah selayaknya lah kita disaat kita masih bias menghirup udara yang segar agar untuk selalu meningkatkan kualitas ibadah kita. Selain itu kita juga tetap ikhlas secara rutin melakukan sedekah, karena itu adalah harta yang bisa kita bawa di akhirat nanti.
Maka dari itu latihlah diri kita dari sekarang untuk ringan bersedekah. Setiap kali mendapatkan rezeki misalnya berupa uang, sisihkanlah sekian persen untuk sedekah. Latih terus diri kita agar semakin terbiasa. Sungguh, tidak ada yang menjadi miskin gara-gara bersedekah. Karena dengan bersedekah hidup akan terasa lebih nikmat untuk kita jalani. Kondisi Afriansyah (13) sebelum berangkat ke Jakarta bersama ibunya.(nisa)

One comment

  1. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Salam Sejahtera untuk kita semua
    SAYA BENAR-BENAR BUTUH UANG, SEDANG NGANGGUR
    1. INILAH YANG SAYA ALAMI… AKIBAT TIDAK MAMPU MEMBERIKAN NAPKAH.. RUMAH TANGGA TERANCAM BUBAR.. KARENA ISTRI ACAP KALI MINTA CERAI.
    2. SAUDARA-SAUDARAKU SEDUNIA.., BANTU SAYA AGAR BISA MENDAPATKAN UANG.
    3. SAYA BISA BIKIN LAPORAN KEUANGAN : MULAI DARI JOURNAL, LAPORAN; L/R, NERACA, ARUS KAS, DLL.
    4. SAYA BISA BIKIN PROPOSAL PROYEK DALAM BAHASA INDONESIA & INGGRIS MULAI DARI KALKULASI PERHITUNGAN DASAR, R.A.B BESERTA RATIO ANALYSISNYA.
    5. Saya bisa translate dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya.
    6. JIKA HP ANDA RUSAK ATAU HILANG… ANDA TENTU KEHILANGAN DATA2 PENTING YAITU DATA NOMOR-NOMOR TELEPHONE ISTIMEWA DAN SMS ISTIMEWA YG MASUK/KELUAR.. SOLUSINYA SEBELUM ITU TERJADI HARUS ANDA SELAMATKAN DAN SAYA BISA BACK-UP KAN DATA2 ANDA TSB KE LAPTOP/PC.
    7. SAYAPUN BISA MENGERJAKAN PENGETIKAN MISAL UTK SKRIPSI, DLL.
    8. SAYAPUN BISA MENJADI SUPIR DG SIM A.
    9. Atau berikan saya bantuan pinjaman untuk modal usaha, tapi saya tidak punya jaminan apapun dan saya mohon jangan ada unsur kebohongan dan penipuan.
    10. POINT MANAKAH TERSEBUT DIATAS YG BISA SAYA KERJAKAN SUPAYA SAYA SEGERA BISA MENDAPATKAN UANG…
    11. ATAS PERHATIAN & KEBAIKANNYA ANDA SEMUA… SEBELUM & SESUDAHNYA SAYA HATURKAN BANYAK TERIMAKASIH.
    BANDUNG, 17 AGUSTUS 2013
    HUBUNGI SAYA : DADANG SUTANTO Biasa Dipanggil TANTO di Bandung
    HP: 082116588852 9 Agustus 2015
    Email Address : dangtanto@ymail.com

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    best wishes to us all
    I REALLY NEED THE MONEY. BEING idle
    1. HERE ARE MY NATURAL … DUE TO BE UNABLE TO PROVIDE DAILY LIFE FOR CHILDREN
    HOUSEHOLD WIFE .. .. BECAUSE WIFE THREATENED disperse OFTEN ASK DIVORCE.
    2. WORLD .. my brothers, HELP ME TO GET MONEY.
    3. I CAN MAKE FINANCIAL STATEMENTS: FROM JOURNAL, REPORT; L / R (Profit /Loss),
    BALANCE SHEET, CASH FLOW, ETC..
    4. I CAN MAKE PROJECT PROPOSAL IN INDONESIAN & ENGLISH FROM BASIC
    CALCULATION, calculations Of RAB (Budget Plan) along RATIO ANALYSIS.
    5. I can translate from English into Indonesian or vice versa.
    6. IF YOUR HP … YOU DAMAGED OR LOST DATA LOSS OF DATA IMPORTANT DATA IE-NO
    TELEPHONE NUMBER SMS RELATED PARTIES AND WHICH ENTRY / EXIT .. SOLUTION
    MUST BE MADE BEFORE YOU CAN SAVE AND MY BACK-UP DATA-DATA YOU ARE TO
    LAPTOP / PC.
    7. I CAN ALSO WORKING FOR TYPOGRAPHICAL eg Thesis, AND OTHERS.
    8. ME TOO CAN BE A DRIVER WITH SIM A (driver’s license).
    9. Or give me a loan for working capital assistance, but I do not have any collateral and I beg
    that no element of deceit, scam and fraud.
    10. ABOVE WHICH THE POINT WHERE CAN I DO TO BE SOON CAN GET MONEY …
    11. FOR ALL YOUR ATTENTION & kindness … BEFORE & BEYOND CONVEY MY MANY THANK
    YOU.
    INDONESIA, WEST JAVA, BANDUNG, 17 AUGUST 2013
    CONTACT ME: DADANG SUTANTO Commonly Called (TANTO) in Bandung
    HP: 082116588852 August 9, 2015
    Email Address: dangtanto@ymail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*