Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar AS (USD) Kembali Melemah

Ilustrasi Uang

Ilustrasi Uang

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Nilai tukar Rupiah terhadap dollar AS (USD) kembali melemah. Dari data Bank Indonesia, nilai tukar Rupiah terhadap USD hari ini menyentuh angka Rp 12.993. Namun kondisi ini disebut baik untuk menggenjot ekspor Indonesia.

Deputi Statistik Bidang Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Sasmito Hadiwibowo mengatakan, pelemahan nilai tukar Rupiah menguntungkan neraca perdagangan Indonesia, khusus ekspor. Nilai ekspor Indonesia mengalami peningkatan lantaran harga barang-barang dari Indonesia yang kompetitif di luar negeri.

“Saya kira dengan Rupiah melemah, ekspor kita mungkin akan menguat karena harga barang-barang kita akan kompetitif di luaran. Itu artinya kita punya peluang untuk menguat,” ujar dia usai konferensi pers di kantor BPS, Jakarta, Senin (2/3).

Meski demikian, Sasmito belum bisa memperkirakan kenaikan nilai ekspor lantaran pasar dunia belum juga stabil. Belum lagi, dia berharap masalah hukuman mati dengan negara Brazil tidak berlangsung terus sehingga tidak mengganggu kerjasama ekspor impor Indonesia dan Brazil.

“Ya, meskipun perdagangan kita dengan Brazil enggak terlalu besar, cuma tetap saja kita harus menjaga semua pasar internasional kita agar terjalin dengan baik,” tutupnya singkat.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menuturkan, pelemahan nilai tukar lebih disebabkan sentimen negatif perekonomian global.

“Memang kondisi hari ini ada proyeksi yang negatif terhadap pertumbuhan China, jadi mata uang negara-negara yang punya kaitan dengan China yang besar termasuk Indonesia ya melemah,” ujar Bambang di kantor wapres, Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (2/3/).

Bambang mengatakan, pemerintah akan berkoordinasi dengan Bank Indonesia agar fluktuasi Rupiah terhadap USD tidak terus berlanjut. Dia yakin BI akan melakukan intervensi apabila diperlukan.

“Bukan masalah enggak apa-apa, cuma kondisi seperti itu, nanti BI yang intervensi di pasar kalau diperlukan,” jelas Bambang.

(idr/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*