No Logistik, No Victory

Ketua Kontingen Drs HandriantO

Ketua Kontingen Drs Handrianto

Advertisements

PADANGTODAY.COM-”Logistik tidak akan memenangkan pertempuran. Tapi perang tanpa logistik, tidak mungkin dimenangkan.”

Saya setuju dengan konsep ini. Sebab, sejak lama membina cabang olahraga taekwondo, mulai dari pembinaan diri sampai puluhan ribu taekwondoin yang kini lahir di Sumatera Barat, memang lahir dan besar atas dukungan logistik yang cukup.

Bicara soal pembinaan olahraga, ditempatkan dan dipercayakan mengurusi urusan pembinaan dan prestasi secara total di Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Sumatera Barat, urusan logistic menjadi keharusan. Sejak 2013 lalu di kepengurusan 2013-2017 ini, proporsi logistik cabang olahraga, atlet, serta organisasi, pertandingan, pembinaan pelatih dan wasit, hingga pemantauan sport intelijen serta prestasi daerah, menjadi kinerja yang harus dilaksanakan.

Kini, olahraga prestasi tidak hanya menyuruh atlet latihan, memberi asupan makanan dan gizi, lalu mereka berlaga dan menang. Tidak. Banyak sistem yang harus dijalani. Sebab, olahraga prestasi adalah sub sistem pula dari olahraga. Ada yang lain; olahraga masyarakat dan olahraga rekreasi. Sebab itu, seluruh masyarakat Sumbar, hari ini sebenarnya sudah mengerti tentang definisi, macam-macam, pola pembinaan, dan sekitar urusan olahraga prestasi.

Pertama, KONI Sumbar telah setiap waktu, setiap saat, mementingkan unsur publikasi sehingga segala bentuk kegiatan dan program terbaca, terlihat, dan terserap informasinya oleh masyarakat. Kedua, selaku lembaga mandiri yang dibiayai oleh anggaran daerah sesuai amanat UU Nomor 3 tahun 2005, KONI memiliki peran strategis dan gamblang dalam memberikan pemahaman, kesukaan, dan kepuasan atas prestasi atlet dan cabang olahraga di tingkat regional, nasional, dan internasional.

Kita semua tahu, 2015 ini DPRD Sumbar telah abaikan logistik olahraga. Olahraga dipandang sebelah mata. Olahraga tanpa logistik akan sama artinya dengan perjalanan dinas anggota DPRD tanpa surat jalan. Tak ada logistik. Tak ada bekal bertempur. Lalu, siapa yang akan mau berperang. Gonjang-ganjing pembinaan prestasi olahraga Sumbar tanpa logistic, hanya dana untuk surat-menyurat yang diberikan untuk seluruh organisasi, atlet, pelatih, dan latih, tanding serta lainnya itu, apakah bukan penistaan namanya?

Sungguh, kami merasa dinistakan. Sementara, anggaran untuk ”perjalanan dinas” anggota DPRD dipotong besar oleh Kemendagri, mereka protes bersama-sama. Mereka persiapakan nota perlawanan soal anggaran. Sementara, pembinaan manusia dengan olahraga, makin diabaikan begitu saja. Maka, bersiaplah kejayaan prestasi olahraga Sumbar menjadi sejarah. Sebab, logistik yang diharapkan sesuai dengan standar kebutuhan itu, hanya dipenuhi ”selincam” saja.

Soalan KONI Sumbar diharapkan mencari sponsor dari pihak ketiga. Ketahuilah, wahai Bapak yang terhormat, sudah dari dulu kami jalani. Sudah dari lama kami lakoni. Tapi, kondisi Sumbar jauh beda dengan DKI. Sponsor dibujuk, dirayu, diancam pun tiada guna. Sebab, Sumbar seperti anggaran yang telah Bapak bagi-bagi, defisit! Kini, begini saja, usah kita berpidato berpanjang-panjang. Usah kita beragumen demikian rupa.

Saya, sudahi saja angan-angan Sumbar terus menanjak naik. Sebab, dukungan letih kami mengurus olahraga prestasi tidak lagi didukung logistik pendanaan menuju prestasi itu. Bayangkan sendiri, jika di 2015 berbagai Kejuaraan Nasional, Pekan Olahraga Wilayah akan dihadang pula. Pakai rasio saja, tak perlu emosi, ini butuh anggaran besar. Rasional saja, urusan harga tiket pesawat Bapak yang terhormat, pasti tahu. Senang pula, tak perlu berebut tiket murah, duduk di kelas bisnis, dan tidur di hotel berbintang.

Inilah mirisnya olahraga prestasi yang diurus kian serius, namun tanpa dukungan serius anggaran. Bagai kendaraan bermotor yang siap melaju tanpa BBM yang kian mahal itu. Tanpa logistik, kami tak mungkin lagi menaruh harapan tinggi. Tak mungkin kami menargetkan medali emas seemasnya. Tanpa logistik anggaran yang sepadan dengan harapan, harapan itu kabur dan awur. ”No Logistic, No Victory!” Pasti!(***)

Penulis, Handrianto Wakil Ketua II KONI Sumbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*