Nokia Andalkan Ponsel Smartphone Berbasis Android

Nokia Smartphone berbasis android.

Nokia Smartphone berbasis android.

PADANGTODAY.com- Nama alias brand Nokia memang sudah dimiliki oleh Microsoft hingga 10 tahun mendatang. Namun hal tersebut tidak menghentikan perusahaan Finlandia itu untuk membuat sebuah smartphone baru, dan kali ini tidak berbasis Windows.

Nokia memang dikabarkan kembali ke bisnis smartphone dengan mengandalkan ponsel pintar berbasis Android. Kali ini muncul rumor terbaru yang mengungkapkan smartphone lama Nokia yang disiapkan untuk dirombak menjadi smartphone Android, yakni Nokia N9.

Kabar yang berhembus dari sebuah portal berita teknologi China tersebut menyatakan bila Nokia tengah merubah N9 menjadi smartphone Android baru andalan mereka, Phone Arena (02/11). Perlu diketahui bila N9 sempat dikatakan sebagai sebuah produk gagal.

Ya, N9 adalah smartphone pertama buatan Nokia yang berjalan dengan sistem operasi MeeGo yang sebelumnya digadang-gadang menjadi pengganti OS Symbian yang menjadi OS utama di era kejayaan Nokia. Namun, OS ini tidak mampu bersaing dengan Android, bahkan sempat dikabarkan diganti OS-nya dengan Android Jelly Bean.

Apabila dilihat dengan seksama, N9 sangat mirip dengan smartphone-smartphone Android di pasaran. Bedanya, N9 terlihat seperti versi sederhana Android yang sudah didukung oleh teknologi pendeteksi gerakan. Oleh sebab itu, bukan hal yang mengherankan Nokia memilih N9 sebagai smartphone Android mereka setelah Nokia X.

Lalu apakah proyek ini tidak mendapat tentangan dari Microsoft?

Untungnya tidak. Microsoft memang memegang kendali atas brand Nokia, tetapi perusahaan yang dipimpin oleh Satya Nadella tersebut tidak berhak melarang Nokia untuk mendesain sebuah smartphone untuk dibuat oleh vendor lain.

Oleh sebab itu, apabila isu benar yang akan kita lihat adalah smartphone Android baru Nokia yang tidak ada nama Nokia di dalamnya. Mungkin saja Nokia akan meniru sistem pembuatan smartphone Google pada jajaran gadget Nexus mereka. Tetapi, apapun hasilnya ‘N9’ Android diprediksi bisa menyita perhatian publik, mengingat Nokia cukup sukses dengan Nokia X.(dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas