Nurcahyo: Indonesia NexT Ciptakan Generasi Muda Kreatif

 

Padang-today.com – Indonesia Net menciptkan generasi muda di Indonesia untuk kreatif dan bisa bersiang di dunia teknologi digital.

“Indonesia NexT digelar Telkomsel guna menyiapkan generasi muda siap hadapi persaingan global,”kata General Menager Yout And Community Sumatera,Nurcahyo Rriyadi di Padang.

Telkomsel turut bertanggung jawab dalam memajukan generasi muda Indonesia, serta berupaya dukung kemampuan dan pengetahuan mahasiswa untuk meningkatkan daya saing di tingkat Internasional. “Kami berharap generasi muda semakin bisa bersaing di era teknologi digital,”imbuh Nurcahyo Rriyadi.

Ia menjelaskan, Indonesia NexT ini sudah tahun ketiga digelar Telkomsel.
“Tahun ketiga penyelenggaraan, program ini menyasar pada keahlian mahasiswa dibidang profesional ini menghadikan seminar dan talk show inspiratif, program sertifikasi pelatihan Community skill dan gital marketing, sebelum akhirnya diadakan bootcamp sebagai tahapan akhir untuk memilih peserta terbaik,”jelas Nurcahyo.

Ia menyatakan, tahun ini Indonesia NexT digelar lebih banyak perguruan tinggi di Indonesia, sehingga semakin banyak mahasiswa yang dapat partisipasi dan dapat mempertajam kompetisi.

“Indonesia NexT 2018 diadakan 15 kota di Indonesia yakni, Bogor, Padang, Lampung, Bandung, Makassar, Pontianak, Semarang, Malang, Medan, Jakarta, Surabaya, Denpasar, Manado, Merauke dan Banjarmasin,”katanya.

Peserta Registrasi Ikut Indonesia NexT di Unand Padang

Ia menjelaskan, tahap awal ikut Indonesia NexT, sebanyak 1.500 peserta merupakan mahasiswa dari berbagai jurusan dan jenjang pendidikan perguruan tinggi di wilayah Sumatera Barat dan wilayah Regional Sumbagteng akan berpartisipasi dalam seminar inspiratif dan pelatihan digital marketing.

“Seminar inspiratif yang menghadirkan para pembicara dari praktisi bisnis yang telah sukses di bidangnya ini diharapkan akan memberikan gambaran tentang persaingan di industri, serta wawasan tentang peningkatan mutu dan kompetensi sumber daya manusia agar dapat berkompetisi dengan tenaga kerja berkelas dalam skala global,”ujarnya.

Nurchyo menambahkan, pelatihan digital marketing akan berlangsung selama tiga hari, dimana peserta akan mendapatkan pelatihan materi sesuai minat yang dipilih sebelum mengikuti ujian sertifikasi internasional. Beberapa pilihan materi yang disediakan yaitu ; Digital Content Marketing using Hubspot, Technical Design Presentation using Microsoft Office Powerpoint 2013, dan Visual Design and Communication using Adobe Photoshop CS6/CC.

“Setelah mendapatkan pelatihan, 400 peserta terpilih akan mengikuti persiapan ujian terkait opsi sertifikasi internasional yang diminati. Ujian sertifikasi internasional sendiri diadakan secara online, yang terdiri dari sertifikasi Digital Marketing Certified Hubspot, Adobe Certified Associate Photoshop CS6/Creative Cloud 2018, dan Microsoft Office Specialist,”ungkapanya.

Kemudian dari 400 peserta sertifikasi, akan dipilih 100 peserta yang mendapatkan scoring sertifikasi terbaik, yang berkesempatan untuk mengikuti pelatihan Technical Data Processing dan ujian sertifikasi internasional Microsoft Office Specialist Excel 2013.

Tahap selanjutnya adalah pelatihan Communication Skill, dimana akan ditentukan 30 peserta (TOP 30 Area) dari setiap kota berdasarkan nilai sertifikasi terbaik. Para peserta akan dilatih oleh pembicara dari Talk Inc. agar dapat melakukan presentasi dengan menarik, komunikatif, komprehensif dan informatif. Tahapan ini akan diakhiri dengan evaluasi dan penilaian dari trainer berdasarkan presentasi yang dibuat dan disajikan peserta di depan panel, untuk kemudian mendapatkan 3 peserta terbaik dari tiap-tiap kota (TOP 3 Area).

“Selanjutnya peserta TOP 3 Area akan mendapatkan pembekalan secara intensif dalam tahap National Bootcamp, dengan materi Impactful Presentation and Communication, Critical Thinking, dan Industry Insight. Pada akhirnya, Peserta Terbaik IndonesiaNEXT 2018 melalui proses National Qualification Panel,”jelas Nurchyo.

Ia menambahkan, pada penyelenggaraan IndonesiaNEXT 2017 yang lalu, telah terpilih 10 peserta terbaik nasional dari lebih 11.000 peserta dari seluruh Indonesia. Belum lama ini, kesepuluh pemenang tersebut telah berkesempatan mendapatkan short course di perguruan tinggi dan beberapa perusahaan teknologi ternama di San Francisco, Amerika Serikat.

“Selama penyelenggaraan IndonesiaNEXT sejak tahun 2016, Telkomsel telah menghasilkan 4.036 peserta yang mengantongi sertifikasi internasional. Pada kompetisi 2017, tercatat 12.980 mahasiswa dari 529 perguruan tinggi yang melakukan registrasi pendaftaran,”imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas