O2SN Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia, Dibuka Alis Marajo

Bupati Alis MarajoLimapuluh Kota, PADANGTODAY.com-Bupati Limapuluh Kota Alis Marajo mengungkapkan, pembangunan bidang olahraga merupakan salah satu instrumen dalam meningkatkan kualitas hidup manusia secara jasmaniah dan rohaniah. Karena itu, Pemkab Limapuluh Kota berupaya melaksanakan pembangunan bidang keolahragaan tersebut sebagaimana termuat di dalam RPJM daerah ini.

Hal itu disampaikan Bupati dalam sambutannya pada acara pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SD se-Kabupaten Limapuluh Kota di GOR Singa Harau Sarilamak, Selasa (21/4).

”Salah satu urusan dalam misi ke 7 daerah ini adalah melaksanakan pembangunan di bidang keolahragaan dengan berbagai program pembinaan, penyelenggaraan event-event, meningkatkan sarana dan prasarana serta kuantita dan kualitas pelatih,” ujar Bupati.

Tujuannya, lanjut Bupati, untuk melahirkan olahragawan berpretasi di tingkat Provinsi, Nasional hingga internasional. Untuk mendapatkan atlet berprestasi tersebut, penyelenggaraan olah raga ini harus dilakukan sejak usia dini sehingga setiap siswa yang berbakat, berkemampuan dan memiliki potensi dapat terpantau.

“O2SN ini merupakan ivent untuk menyalurkan bakat dan minat siswa sekaligus sebagai ajang memantau anak berprestasi di bidang olah raga. Dari hasil O2SN ini, diharapkan akan terjaring siswa berkualitas di bidang olah raga untuk berikutnya mewakili daerah ini ke tingkat provinsi,” papar Bupati.

Lebih jauh Bupati memaparkan, Kabupaten Limapuluh Kota merupakan salahsatu daerah terbaik dalam pembinaan terhadap atlet pelajarnya. Itu terbukti dengan berbagai prestasi yang telah berhasil direbut selama ini.

“Atlet kita banyak yang tampil mewakili Sumbar dan merebut kejuaraan nasional seperti di atletik dengan memperoleh medali emas pada PON Remaja di Surabaya. Bahkan atlet kita juga mewakili Indonesia ke kejuaran atletik tingkat internasional,” ujar Bupati.

Sebelumnya Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Limapuluh Kota Ir. Novyan Burano dalam laporannya menyebut O2SN ini diikuti oleh 201 kontingen dan 101 official. Ivent yang berlangsung sejak 21 sampai 23 April itu diikuti oleh 13 kecamatan.

Sedangkan cabang perlombaannya terdiri dari senam, atletik, renang, vatur, bulutangkis, tenis meja, silat dan karate. Hasil O2SN ini akan mewakili Limapuluh Kota untuk O2SN provinsi Mei mendatang.

Dalam kesempatan itu Bupati menyerahkan tropy bergilir kepada panitia dari sebelumnya dipegang Kecamatan Luak.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*