OJK Lakukan Stress Test Antisipasi Gejolak Pelemahan Rupiah

Nilai Tukar Rupiah.

Nilai Tukar Rupiah.

Jakarta, PADANGTODAY.COM-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah melakukan stress test untuk mengantisipasi gejolak pelemahan rupiah di industri keuangan. Deputi Komisioner Pengawasan Perbankan OJK Irwan Lubis mengungkapkan bahwa hasil dari stress test tersebut mengindikasikan bahwa kondisi perbankan tanah air tetap stabil meski dolar bertengger di level Rp 14.000.

“Dengan melakukan stress test dengan variabel-variabel tertentu sudah diperoleh hasil bahwa meski rupiah tembus ke level Rp 14.000, kondisi ketahanan perbankan tanah air tetap kokoh,” ujarnya di Jakarta, Kamis (12/3).

Variabel tersebut yakni pertumbuhan ekonomi, kredit macet, utang valas, dan efek lanjutan lainnya. Irwan mengungkapkan bahwa hasil stress test tersebut menunjukkan dari sisi permodalan maupun profil risiko perbankan di tanah air masih tetap aman meski rupiah sampai ke level Rp 14.000. “Namun kalau sudah ke level Rp 15.000, barangkali ada sekitar 1 sampai 5 bank yang akan terancam.

Tapi jelas bank-bank itu yang modalnya sangat kecil,” tambahnya. Dia mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan langkah antisipatif dengan memanggil manajemen perbankan terkait depresiasi tersebut.

“Yang jelas jangan menunggu depresiasi terlalu jauh,” imbuhnya. OJK juga terus memantau pergerakan bank yang memiliki transaksi valuta asing lebih tinggi. Kini, utang luar negeri dalam bentuk valas di perbankan dianggap tidak terlalu besar. Hal tersebut dapat diantisipasi melalui lindung nilai (hedging) sehingga risiko depresiasi bisa diredam.

(Ken/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas