Oktoberfest Bukan Festival Jerman

oktoberfestPADANGTODAY.com – Barbara Huber, salah satu warga Bavaria, bersikeras bahwa Oktoberfest bukan festival Jerman.

”Oktoberfest adalah festival Bavaria, Munich,” tegasnya kepada AFP (20/09/2014). Karenanya dikenal dengan sebutan Munich Oktoberfest. Meski demikian, banyak selebriti maupun pemain bola Jerman mengikuti kegiatan ini.

Oktoberfest awalnya digelar pada Oktober, namun dimajukan ke September karena cuacanya lebih hangat. Ajang ini dimulai pada 1810 untuk menandai pernikahan Pangeran Bavaria dengan Putri Therese dari Saxony-Hildburghausen.

Tahun ini Oktoberfest ke-181 akan digelar sampai 5 Oktober. Festival bir serupa juga digelar di Tiongkok, Brazil, Kanada, Amerika Serikat, Rusia, dan Australia.

Oktoberfest sudah dimulai pada 20 September lalu. Pembukaan festival bir di Bavaria, Jerman ini ditandai dengan teriakan ‘”O’zapft is!” untuk memulai pembukaan sumbat tong bir pertama.

Walikota Munich Dieter Reiter mengawali Oktoberfest dengan upacara pemukulan palu kayu ke tong berisi 2.000 liter bir sebanyak empat kali. Bir dari tong-tongpun mulai mengalir. Mass (mug bervolume 1 liter bir) pertama diberikan kepada Kepala Pemerintah Regional Bavaria, Horst Seehofer.

Meski diguyur hujan, para produsen bir tetap berpawai di sepanjang jalan-jalan kota. Setelah itu, 14 tenda raksasa yang didirikan di pusat kota Munich langsung dipenuhi orang-orang yang tak sabar menenggak bir.

Bertempat di Pekan Raya Wiesn, ribuan pelayan mengantarkan jutaan gelas Mass kepada para peminum yang duduk di meja panjang. Birnya diperoleh dari enam produsen bir legendaris di Munich.

Tahun lalu, festival 16 hari ini didatangi lebih dari 6 juta orang yang meneguk 6,7 juta liter bir. Angka tersebut dua kali lipat lebih volume kolam renang ukuran Olimpiade!

Di beberapa tenda, segelas bir bisa mencapai harga 10.10 euro (Rp 155.000). Inilah kali pertama harga bir di Oktoberfest lebih dari 10 euro. Sebagai pendampingnya, biasanya disediakan pretzel raksasa yang empuk dan asin, dumpling, atau sosis.

Kostum klasik a la Bavaria selatan biasanya dikenakan saat Oktoberfest. Pakaian untuk wanita adalah dirndl yang berupa blus berleher rendah dengan korset bertali dan rok bercelemek.Next

Sedangkan untuk pria ada lederhosen, celana pendek kulit dengan tali berbordir.

Turis asing yang mengunjungi Oktoberfest kebanyakan berasal dari Italia dan Amerika. Namun, 70% pengunjung berasal dari Bavaria.

(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas