ORANG MENINGGAL MASIH BISA MEMILIH DI PILKADA MENTAWAI

Mentawai,Sumbar,Padang-today.com – Panitiia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Camat Pagai Utara masih menemukan pemilih meninggal dunia masuk dalam daftra pemilih tetap (DPT) Pilkada Mentawai,Sumatera Barat.

Advertisements

“Hingga saat ini terdapat nama sudah meningga dunia masuk DPT,”kata Ketua Panwascam Pagai Utara, Empirisman Zebua di Mentawai.

Ia menjelaskan, orang meninggal dunia masuk DPT di desa Saumangya TPS 4, Kecamatan Pagai Utara, Kabupaten Kepuluan Mentawai.

“Dalam penelusuran Panwascam, warga Saumangaya TPS 4 tersebut meninggal dunia dua tahun lalu,”ungkapnya.

Temuan tersebut, lanjut Empirisman Zebua sudah diberitahukan pada PPK serta KPU Kabupaten Kepuluan Mentawai. Pihaknya sudah berdebat sengit mengenai persoalan DPT, dimana masih terdapat mana orang meninggal dunia. “Namun hingga saat ini belum pemberitahun dari KPU soal adanya orang meninggal dunia masuk DPT Pilkada telah ditetapkan,”jelasnya.

Ia mengatakan, Panwascam sudah menerima DPT dari KPU, namun untuk Daftar pemilih tambahan (DPtb) hingga saat ini ada di dapat baik softcopy maupun hardcopy dari KPU.

“DPT Pilkada Mentawai di Camat Pagai Utara lebih kurang 3000 orang lebih, dari data tersebut terdapat warga berusia 17 tahun,”katanya.

Kecamatan Pagai Utara terdapat 20 Tempat pemungutan suara (TPS) dari tiga desa yakni Desa Saumangayak, Silabu serta Betu Monga. Sedangkan warga non KTP belum ada di data, karena keterbatasan anggaran. “Ada dua desa sangat jauh di Kecamatan Pagai Utara yakni Silabu (5 TPS) serta Betu Monga (5 TPS),”jelas Empirisman Zebua.
Sementara itu PPL Desa Silabu, Efrizon Rasirieleleu membenarkan ada orang sudah meninggal dunia masuk DPT Pilkada telah ditetapkan KPU Kebupaten Kepuluan Mentawai.

“Dari data DPT terlihat masih ada masuk orang sudah meninggal dunia itu di dan ini sudah dilaporkan ke PPK dan KPU, namun tidak digubris,”katanya.

Sekarang ini sudah ada warga di Kecamatan Pagai Utara melakukan perekeman E-KTP. “Dari informasi di Kecamatan warga ada telah rekam E-KTP namun oleh camat dinyatakan sudah bisa untuk memilih,” Efrizon.
Ditempat terpisah, Kapolsek Sikakap Iptu Nofri menyatakan, petugas dari kepolisian telah ditempatkan di masing-masing gudang logistik.

“Beberapa personel ada ditempat digudang logistik dan pengamanan dalam pendistribusian logistik hingga ke TPS,”katanya.

Saat ini dilakukan distribusi ke desa Silabu ke TPS dikawal beberap orang personel polisi. “Jadi tidak mungkin kami membiarkan saja kotak suara dan surat suara dibawa ke TPS,”jelas Nofri.(der)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*