OSN Miliki Bekal Kecintaan Terhadap Sains

15Olimpiade Sains Nasional-JILC-makassar.com__0Jakarta, PADANGTODAY.com – Disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Achmad Jazzidie, dengan bekal kecintaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, akan terlahir generasi emas bangsa yang penuh kreasi dan inovasi.

Advertisements

Olimpiade Sains Nasional (OSN) akan menjadi momentum strategis untuk menyiapkan generasi yang memiliki bekal kecintaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

“OSN ini tujuannya untuk mendorong siswa mencintai sains, serta melakukan riset dan inovasi,” kata Jazzidie pada acara dialog interaktif bersama media, di Kantor Kemdikbud, Kamis (28/08).

Jazzidie mengatakan, dengan kecerdasan dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, dapat membangun kehormatan dan peradaban bangsa yang unggul di tengah pergaulan masyarakat global yang makin kompetitif. Tantangan global yang dinamis ini, kata dia, memerlukan sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing.

OSN merupakan agenda tahunan Kemdikbud sejak tahun 2002. Memasuki kali ke-13, OSN tahun ini akan diselenggarakan di Mataram, Nusa Tenggara Barat, pada 1-7 September 2014. Adapun bidang ilmu yang akan dilombakan adalah matematika, IPA, biologi, fisika, kimia, komputer, astronomi, geografi, ekonomi dan kebumian, kewirausahaan, dan karya ilmiah.

Penyelenggaraan OSN didorong untuk mengambil tempat berbeda. Karena dengan demikian, penyebaran gaung cinta sains kepada siswa dapat merata. Hal ini disebabkan adanya kondisi dimana penyelenggaraan OSN di daerah tersebut, akan memengaruhi para siswa untuk berkompetisi lebih baik. (md/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*