OTS Gelar Musrenbang, Masyarakat Usulkan Lengkapi Sarana dan Prasarana RTH Bendungan Talawi

OTS Gelar Musrenbang, Masyarakat Usulkan Lengkapi Sarana dan Prasarana RTH Bendungan Talawi

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Camat Payakumbuh Utara yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Hafismal membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS), Kamis, (26/1/17), mulai dari perangkat RT dan RW, LPM hingga tokoh masyarakat Kelurahan OTS ikut berperan serta berpartisipasi dalam acara Musrenbang Kelurahan. Turut hadir dalam acara tersebut, Anggota DPRD Kota Payakumbuh, Chandra Setipon. A.Md dan Alhudri Dt. Rangkayo Mulie serta nara sumber dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Payakumbuh

Dalam kata pengantar sekaligus sebagai bahan arahan kegiatan, Hafismal menyampaikan, Musrenbang Kelurahan adalah forum dialogis. Dalam Musrenbang Kelurahan, Pemerintah Kelurahan dan warga berembug dalam menyusun program tahunan. Musrenbang Kelurahan menjadi media dialog dan penyepakatan penyusunan program dan kegiatan pembangunan di wilayah Kelurahan, baik yang ditangani secara swadaya, melalui pos bantuan daerah, menjadi bagian Renja SKPD Kelurahan, maupun diajukan untuk ditangani oleh SKPD lain yang relevan dengan usulan yang ada.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Alhudri Dt. Rangkayo Mulie menambahkan, Musrenbang RKPD ini merupakan tahapan yang harus di lalui dalam proses penyusunan dokumen perencanaan tahunan, ditujukan untuk menyampaikan program program dan kegiatan prioritas daerah yang disusun melalui pendekatan partisipatif, politis, top down dan bottom up. Masukan seluruh pemangku kepentingan pada Forum Musrenbang ini, diharapkan mampu menajamkan prioritas – prioritas pembangunan yang telah disusun Pemerintah Daerah sehingga menghasilkan program kegiatan pembangunan yang efektif, efesien, dan bermanfaat bagi masyarakat daerah, tambah Alhudri.

Terkait dengan keberadaan RTH Bendungan Talawi, beberapa masyarakat mengusulkan, agar sistem dan pengelolaannya benar-benar terkelola dengan baik, “melaui forum musrenbang Kelurahan ini, kami mengusulkan agar fasilitas sarana dan prasarana berupa wahana bermain untuk anak-anak, mushalla, WC, parkir dan air bersih yang ada di RTH Bendungan Talawi dapat dibenahi serta ditambah, mengingat kunjungan ke RTH ini kian hari kian ramai, tidak hanya dari Kota Payakumbuh saja melainkan dari luar Kota Payakumbuh juga datang kesini”, usul Mal disela kegiatan Musrenbang yang sedang berlansung.

Menanggapi usulan tersebut, Anggota DPRD Kota Payakumbuh, Chandra Setipon menyampaikan, “InsyaAllah, dalam waktu dekat ini, di RTH Bendungan Talawi ini akan ada wahana permainan kereta air  yang bisa dinikmati oleh semua pengunjung yang datang serta untuk pengelolaannya, kedepan, RTH Bendungan Talawi ini akan di kelola oleh Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh, menyangkut sarana dan prasarana yang belum lengkap, secara bertahap akan kita benahi, tentunya juga ini akan menjadi catatan penting bagi kita di DPRD untuk rapat pembahasan anggaran selanjutnya”, ucap Chandra Setipon.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*