IP-NA Unggul di Pariaman

padangtoday1PARIAMAN, PADANGTODAY.COM -Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar nomor urut 2, Irwan Prayitno dan Nasrul Abit (IP-NA) berhasil mengungguli pasangan nomor urut 1, Muslim Kasim dan Fauzi Bahar (MK-FB) di Kota Pariaman.

Data yang dirangkum dari berbagai sumber menyebutkan, pasangan IP-NA sementara unggul di tiga kecamatan. Di Kecamatan Pariaman Tengah, Kecamatan Pariaman Selatan dan di Kecamatan Pariaman Timur.

Sedangkan, pasangan MK-FB berhasil unggul di satu kecamatan yakni di Kecamatan Pariaman Utara. Unggulnya perolehan suara pasangan IP-NA, mematahkan optimistis banyak pihak selama ini yang menyebutkan bahwa Kota Pariaman adalah lumbung suaranya pasangan MK-FB.

Data perolehan suara sementara Pilgub Sumbar per-kecamatan di Pariaman yakni, di Kecamatan Pariaman Utara, MK-FB meraih 55 persen suara. Unggul atas IP-NA yang meraih 45 persen. MK-FB meraih total 3.867 suara. Sedangkan IP-NA meraih total 3.214 suara.

Di Kecamatan Pariaman Tengah, MK-FB meraih 46 persen suara dengan total jumlah raihan 5.050 suara. IP-NA unggul 54 persen suara dengan total jumlah raihan 5.903 suara.

Di Kecamatan Pariaman Selatan, MK-FB meraih 48 persen suara dengan total raihan3.032 suara. Sedangkan pasangan IP-NA unggul 52 persen suara dengan total raihan3.257 suara.

Sementara di Kecamatan Pariaman Timir, pasangan nomor uriut 1 MK-FB meraih 45 persen dengan raihan 2.748 suara. Sedangkan, pasangan nomor urut 2 IP-NA unggul 55 persen suara dengan raihan 3.365suara.

Kalkulasi data sementara, di Kota Pariaman, pasangan nomor urut 1 IP-NA unggul dengan total raihan 51,73 persen suara dengan perolehan sebanyak 15.739 suara. Sedangkan pasangan nomor urut 2 MK-FB dengan total raihan 48,27 persen dengan perolehan 14.688suara.

Total suara sah Pilgub di Pariaman sebanyak30.427 suara. Total suara tak sah 430 suara. Daftar pemilih Pilgub sebanyak 59.057 suara. Jumlah pemilih yang tak menggunakan hak pilih sebanyak 28.200 suara. Angka partisipasi pemilih Pilgub 2015 di Pariaman sebesar 52,25 persen.

Koordinator Divisi Sosialisasi KPU Kota Pariaman, Alfiandri Zaharmi kepada wartawan membenarkan rendahnya tingkat partispasi pemilih pada Pilgub Sumbar. Padahal, KPU sendiri telah berupaya sekuat tenaga jauh-jauh hari melakukan sosialisasi Pilgub kepada masyarakat.

“Pantauan sementara, memang agak rendah tingkat partisipasi pemilih pada Pilgub sekarang. Padahal kita di KPU sudah memaksimalkan program sosialisasi. Berbagai cara dan upaya kita lakukan untuk sosialisasi. Semua kalangan kita libatkan,” kata Alfiandri Zaharmi.

Spekulasi yang berkembang di masyarakat Pariaman, rendahnya tingkat partisipasi pemilih karena kurang maksimalnya sosialisasi dan perhatian calon gubernur dan wakil gubernur  kampanye di Pariaman. Nyaris tak ada kampanye dilakukan oleh masing-masing pasangan MK-FB maupun IP-NA di Pariaman.

Sementara untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Padangpariaman, hingga pukul 20.00WIB unggul pasangan nomor urut 1 yaitu pasangan Ali Mukhni dengan Suhatri Bur dengan perolehan suara 58,54 %, untuk nomor urut 2 pasangan Alfikri dengan Yulius Danil memperoleh suara 41,46 %.

Pasangan calon nomor ururt 2 Alfikri dengan yulius Danil unggul di 3 kecamatan yaitu di Kecamatan VII Koto, Kecamatan 2X11 Kayu Tanam dan kecamatan Lubuk alung. Sedangkan 14 Kecamatan lainya di menangkan oleh pasangan calon dengan nomor urut 1.  (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas