P3A Sadar Payobasung Kendalikan Hama Tikus

Hama Tikus

Hama Tikus

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Puluhan petani yang tergabung ke dalam Persatuan Petani Pemakai Air (P3A) Sadar Kelurahan Payobasung menggelar acara pengendalian hama tikus di sepanjang persemaian Bodi, Kelurahan Payobasung Kecamatan Payakumbuh Timur pada Senin (16/2). Kegiatan juga dihadiri oleh Babinkamtibmas Kecamatan Payakumbuh Timur, Bripka Reymond Scorpio, Lurah Payobasung Irwan Suwandi, Ketua LPM Erry S. Djarens serta PPL Zulkafri.

Kegiatan pengendalian hama tikus kali ini merupakan tindak lanjut dari pembentukan posko pengendalian hama tikus Kelurahan Payobasung yang sudah dibentuk beberapa waktu yang lalu.

“Ini merupakan acara meracun tikus yang kedua setelah minggu lalu kami juga mengadakan hal yang sama sekaligus membersihkan tali bandar”, ujar Ketua P3A Sadar Kelurahan Payobasung, Almuhar Fahmi.

Dikatakan Almuhar, pihaknya menghindari penggunaan kata berburu dalam pengendalian hama tikus ini mengingat stigma negartif yang ada ditengah-tengah masyarakat terhadap kegiatan berburu tikus.

“Kami lebih memakai kata meracun ketimbang berburu dalam pengendalian hama tikus ini. Kalau istilah berburu, warga banyak menolak ikut karena menurut mereka, kalau tikus diburu maka dia akan semakin mengganas, tetapi kalau diracun, maka in shaa allah tidak”, ujar Almuhar yang juga menjadi pengurus P3A Kota Payakumbuh.

Sementara itu, Lurah Payobasung, Irwan Suwandi menyatakan bahwa luas lahan yang menjadi sasaran pengendalian tikus kali ini mencakup 34 hektar dari 83 hektar hamparan di lokasi tersebut.

“Total hamparan di Persemaian Bodi ini mencapai 83 hektar dari luas itu, luas wilayah yang hama tikusnya kita kendalikan hari ini sekitar 34 hektar, In Shaa Allah dua minggu lagi kita akan kembali melakukan kegiatan ini untuk mencakupi seluruh hamparan”, ujar Irwan diamini oleh Ketua LPM Erry S. Djarens.

Sementara Babinkamtibmas, Bripka Reymond Scorpio menyambut baik terlaksananya kegiatan pengendalian hama tikus tersebut. Pihaknya siap mendukung agar kegiatan tersebut terlaksana dengan baik.

“Saya mohon dilibatkan terus dalam kegiatan-kegiatan yang ada di kelurahan kita, termasuk kegiatan meracun tikus kali ini”, ujar Reymod yang sehari-hari tinggal di Nagari Batu Balang Kabupaten Lima Puluh Kota.

Terkait dengan ketersediaan sarana prasarana dalam pengendalian hama tikus, PPL Kelurahan Payobasung Zulkafri menyatakan Dinas Pertanian Kota Payakumbuh memiliki stok racun tikus yang cukup.

“Kami di dinas memiliki stok racun tikus yang cukup, jadi kapan bapak dan ibuk di kelompok tani membutuhkan racun tikus, maka silahkan kontak kami, kami akan menyediakannya”, ujar Zulkafri disela-sela memasukkan racun Tiran ke dalam lobang tikus.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas