Pacu Jawi Payakumbuh, Dihadiri 2 Kepala Daerah Tetangga, Tanpa Kepala Daerah Tuan Rumah

Penutupan Pacu Jawi di Sintuo Payakumbuh dihadiri Wakil Bupati Limapuluh Kota H Asyirwan Yunus dan Bupati Tanah Datar Shadiq Pasadigue, minus Walikota Payakumbuh.

Penutupan Pacu Jawi di Sintuo Payakumbuh dihadiri Wakil Bupati Limapuluh Kota H Asyirwan Yunus dan Bupati Tanah Datar Shadiq Pasadigue, minus Walikota Payakumbuh.

Advertisements
Pacu Jawi di Sintuo Payakumbuh

Pacu Jawi di Sintuo Payakumbuh

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Pacu jawi di Kelurahan Tigo Koto di Baruah yang dikemas dua minggu, ditutup secara resmi kemarin dengan pacu Boko yang dilepas oleh tokoh Luak Limopuluah Ir Irfendi Arbi MP. Pacu boko, jawi-jawi seleksi yang terlaksana di sela hujan lebat yang baru mereda itu menandai sukses Pacu Jawi yang diramaikan ribuan masyarakat yang datang menyaksikan alek nagari di Kota Payakumbuh itu.

Pacu jawi Maret 2015 diselenggarakan di Sintuo, Kelurahan Tigo Koto di Baruah 9-10 Maret dan 16-17 Maret. Hasilnya luar biasa, para pedagang pun ikut meramaikan sepanjang lokasi. Penonton bejibun.

Saat pembukaan minggu sebelumnya, Ketua DPRD Payakumbuh YB Dt Parmato Alam datang meresmikan race. Pacu jawi semarak dengan ungkapan Ketua DPRD yang juga Ketua Pacu Itiak ini dengan sebutan olahraga alek nagari yang harus terus disemarakkan.

Sebelumnya, Wakil Bupati Limapuluh Kota H Asyirwan Yunus bersama Bupati Tanah Datar datang memenuhi undangan panitia pelaksana yang diketuai oleh Toto Setiawan itu, direncanakan akan disambut langsung oleh Walikota Payakumbuh yang sudah pula diberitahukan tentang kedatangan tetamu dari daerah tetangga itu.

Syukur saja, kedua kepala daerah itu datang dengan berbesar hati. Disambut panitia dan Ketua Persatuan Olahraga Pacu Jawi (Porwi) Luak Limopuluah Pak Jhon, serta tokoh lainnya. Kedua kepala daerah didudukkan di pentas bersama Kadinas Pariwisata Tanah Datar dan Kadinas Peternakan Tanah Datar. H Asyirwan Yunus tampak gembira saat race dimulai.

Jawi-jawi yang disusun bertarung, berpacu berlari kencang. Seketika saat start ditandai dengan sorakan dari panitia. 4 Jawi Tanah Datar yang ikut dalam race itu, berpacu dengan Jawi asal Luak Limopuluah. Peserta yang datang dari Tanah Datar dan Limapuluh Kota ikut andil dan ambil bagian. Kedua kepala daerah tampak riang.

Meski satu race itu akhirnya membubarkan banyak penonton sebab hujan turun lebatnya, namun areal sawah di Sintuo, Tigo Koto di Baruah, Kecamatan Payakumbuh Utara telah menjadi saksi sukses Pacu Jawi Luak Limopuluah, yang kini kian ramai diadakan. Bahkan, Wabup Limapuluh Kota H Asyirwan Yunus meminta Porwi, berikutnya mengadakan di daerahnya.

Sebenarnya, di Harau Limapuluh Kota, Payakumbuh Timur, dan Payakumbuh Utara, setiap selesai masa panen dan akan masa tanam banyak digelar Pacu Jawi ini. Olahraga masyarakat ini pun sudah diakui oleh pemerintah dan dibantu pendanaannya di 2015 oleh DPRD dengan anggaran Rp30 juta yang diletakkan di penganggaran Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*