Padang Kaduduk Payakumbuh Dilengkapi MCK Plus-Plus

Wako Riza Falepi bersama Kadis PU Marta Minanda dan Tokoh Masyarakat Padang Keduduk resmikan MCK++ KSM Menara

Wako Riza Falepi bersama Kadis PU Marta Minanda dan Tokoh Masyarakat Padang Keduduk resmikan MCK++ KSM Menara

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Dibangun  di atas tanah wakaf almarhum H. Marlius, seluas 120 meter, fasilitas umum berupa MCK Plus+, senilai Rp385 juta, di Kelurahan Padang Kaduduk, Kecamatan Payakumbuh Utara, diresmikan pemakainnya oleh Walikota Payakumbuh   Riza Falepi, Senin (23/2). Ratusan warga setempat bersama Asisten II Amriul Dt. Karayiang, Kadis PU Marta Minanda, ST, MT,  Camat Novriwandi, SH, anggota DPRD Chandra Setipon, Ketua KAN Koto nan Gadang H.I. Dt. Rajo Muntiko Alam dan sejumlah undangan lainnya hadir dalam acara peresmian ini.

Laporan Ketua BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) Padang Kaduduk H. Nurdal, bangunan MCK Plus+ itu sudah rampung pekerjaanya sejak Desember lalu. Di dalam bangunan ini masuk swadaya warga lebih kurang Rp16 juta. Fasum ini juga bermanfaat bagi jemaah dan pelajar, karena  bangunannya satu kawasan dengan Masjid Baiturrahman dan SMP Islam serta Poskeskel.

Warga, jemaah dan pelajar  sangat senang dan terbantu, dengan keberadaan fasum dimaksud. MCK Plus+ memiliki 7 toilet, 4  kamar mandi, tempat mencuci, dan belasan kran berwudhuk lelaki dan perempuan serta sebuah wastafel. Menurut Nurdal, fasum ini memiliki banyak fungsi,  selain desaian dan fasilitasnya sangat modern,  juga  memiliki instalasi pengolahan air limbah, biodegester (penghasil gas dari hasil pembuangan).

Ketua LPM Padang Padang Kaduduk Defrizal, S.Pd, atas nama warga,  menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada Pemko Payakumbuh dengan berdiri megahnya fasum MCK Plus+ dimaksud.  Warga Padang Kaduduk dan Nagari Koto nan Gadang umunya, sangat merasakan, perhatian pemko terhadap nagari ini sangat tinggi. Mudah-mudahan, peran serta masyarakat dalam pembangunan ke depan, makin meningkat pula, katanya.

Walikota Riza Falepi,  dalam sambutannya mengatakan,  pembangunan kota ini memerlukan peran serta masyarakat yang kuat. Pemko dengan segala keterbatasannya tak akan mampu berbuat banyak, jika warga kota kurang peduli dalam gerakan pembangunan. Karena itu, apa yang diberikan masyarakat Padang Kaduduk dalam membangun MCK Plus+ ini,  pantas diberikan penghargaan.

Karena juga  berfungsi sebagai tempat berwudhuk, seyogianya kebersihan MCK menjadi perhatian warga dan pengurus masjid, sehingga MCK plus ini tidak berbau, dan mendatangkan kenyaman bagi  warga yang memanfaatkannya.  Harapan walikota, MCK Plus+ itu benar-benar dikelola dengan sebaik-baiknya dan memberikan manfaat ganda bagi warga.

Banyak manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat, dengan dibangunannya MCK plus+ dikawasan masjid dan sekolah serta kesehatan. Oleh sebab itu, untuk memperpanjang umur bangunan, seluruh masyarakat yang mengakses fasilitas umum tersebut, harus ikut menjaga dan memeliharanya dengan baik,” katanya.

Keterangan Ketua BKM Nurdal, pengelolaan MCK Plus+ itu akan dioperasional  oleh sebuah Badan Pengelola Sarana (BPS), yang saat ini dipercayakan kepada Ismardi. “Pengurusnya sudah terbentuk, dan BPS bertanggung jawab mengelola fasum itu,” simpulnya.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*