Padang Magek di Hantam Angin dan Hujan

Musibah longsor dan angin kencang menimbulkan kerusakan di padang magek kabupaten Tanah Datar.

Musibah longsor dan angin kencang menimbulkan kerusakan di padang magek kabupaten Tanah Datar.

Advertisements

TanahDatar,PADANGTODAY.com-Hujan lebat di sertai angin kencang yang terjadi Selasa 07/04 sekitar pukul 21.00 WIB dihampir seluruh wilayah Tanah Datar merusak beberapa daerah dan nagari di daerah tanah datar. Dari pantauan padang today .com daerah yang cukup tinggi frekuensinya di timpa musibah akibat hujan dan angin kencang malam itu adalah nagari padang magek jorong guguak kaciak kecamatan rambatan kabupaten Tanah Datar.

Pagi hari rabu 08/04 terlihat beberapa warga bersama TNI melakukan gotong royong memperbaiki kerusakan yang terjadi di beberapa titik di nagari padang magek.

“Hujan deras yang terjadi malam tadi disertai angin kencang terjadi sekitar pukul 21.30, angin yang sangat kencang terjadi sekitar 15 menit, terlihat warga panik dan berusaha masuk kedalam rumah dan menutup pintu untuk menghindari kencangnya angin, malam itu angin berputar bagaikan puting belitung, dan benar, beberapa rumah rusak termasuk beberapa saluran listrik putus akibat angin yang kencang itu,”ujar Ari Sutan Mudo Salah seorang tokoh masyarakat yang ikut bergotong royong memperbaiki rumah warga yang rusak.

Wali nagari Padang Magek Syafwardi.A yang terlihat sedang meninjau kerusakan di daerah nya mengatakan,” beberapa rumah mengalami rusak ringan akibat hujan dan angin tadi malam, dari data yang kami kumpulkan 2 rumah mengalami kerusakan yang cukup berat karena atap beserta lotengnya terbang di tiup angin, dan di beberapa titik tanah longsor juga terjadi. Ruas jalan utama daerah ini tertimbun tanah dan beberapa saluran irigasi yang ada di Galo Gandang padang magek juga tertimbun tanah akibat longsor tadi malam, bersyukur musibah ini tidak menimbulkan korban jiwa ataupun luka luka kepada penduduk, “ujarnya.

Menurut keterangan Wali Nagari pihak pemerintah Tanah Datar di wakili BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Tanah Datar Telah meninjau lokasi yang di timpa musibah di daerah padang magek ini pada dini hari 08/04 sekitar pukul 00.00 sampai dengan 02.00 WIB.

“Semua kerusakan di beberapa titik dan jumlah rumah yang rusak akibat hujan dan angin kencang tadi malam telah kami data dan telah kami laporkan ke pemerintah daerah melalui kecamatan, dan saat ini kami sedang menunggu tindak lanjut dari Pemda Tanah Datar,”tambah Syafwardi.(romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*