Dikatakan Hendri Arnis, meskipun sejumlah SKPD telah berjanji dihadapan SKPD untuk memasukkan sejumlah kegiatan untuk menunjang kegiatan PKK, tetapi SKPD tersebut juga harus melakukan kajian dalam segi pengganggaran dan pelaksanaannya, agar jangan berbenturan dengan masalah hukum.

“Kepada kader, saya juga menghimbau. Jangan hanya menunggu program dari SKPD, tetapi juga harus aktif dan inovatif merangcang program dalam meningkatkan pemberdayaan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan daya saing produks UKM dan aneka jenis makanan, seperti Kerupuk dan Kain Songket,” jelas Hendri Arnis sambil bertanya kepada 340 kader PKK yang hadir pada kesempatan itu, tentang kader yang bisa membuat songket.

Pada kesempatan itu, Hendri Arnis juga menyinggung tentang adanya wacana peningkatan insentif terhadap kader-kader PKK mulai dari tingkat kota, kecamatan dan kelurahan. Dimana, dari hasil studi banding ke DKI Jakarta, ada penambahan insentif kader dengan besaran Rp.1,5 juta untuk ketua, Rp.1 juta untuk wakil, Rp.750 ribu untuk sekretaris dan rp.500 ribu untuk anggota.

“Walaupun dalam realisasinya belum bisa kita laksanakan, tetapi untuk peningkatan insentif akan kita rasionalkan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. Sehingga, memberikan ransangan terhadap kader yang ada dilapangan, dengan catatan kadernya jangan itu ke itu saja. Sehingga, ada kesan kegiatan PKK hanya dirasakan sejumlah orang saja,” sebut Walikota yang suka bersenda gurau dengan kalangan masyarakat itu.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Padang Panjang Ny.Hj. Maria Hendri Arnis dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Jambore PKK tingkat Kota Padang Panjang yang diiikuti oleh kader PPK dari 16 kelurahan dan 2 kecamatan, dengan total peserta 340 kader PKK, akan mengikuti sejumlah kegiatan perlombaan dari tanggal 25-28 Mei mendatang.

“Kita sangat bersyukur dengan terealisasinya kegiatan Jambore ini, sebagai ajang silaturahmi dan membangun kebersamaan bukan sebagai perlombaan dan mencari siapa yang terbaik. Jadikanlah kegiatan ini, sebagai ajang memupuk kebersamaan dan persiapan menghadapi Jambore PKK tingkat Sumatera Barat,” kata Ny. Maria Hendri Arnis.

Setelah melakukan seremonial pembukaan, dilanjutkan dengan peninjauan Tapak Perkemahan masing-masing kelurahan dan kecamatan yang dimulai dengan pengguntingan pita peresmian kegiatan oleh Ny. Maria Hendri Arnis didampingi Walikota Padang Panjang Hendri Arnis, Unsur Muspida, Kepala Bank Nagari, Kepala SKPD dan sejumlah pengurus PKK dan organisasi perempuan di Kota Padang Panjang.

Disela-sela peninjauan tapak perkemahan, baik Walikota Hendri Arnis dan Ny. Maria Veronika mendapat sambutan yang sangat antusias dari peserta jambore, malahan di sejumlah perkemahan orang nomor satu di bumi “Serambi Mekah” itu juga menjadi objek foto bersama dengan kader PKK dan disajikan aneka makan yang diproduksi kader di masing-masing kelurahan. (*)