Padang Panjang Kurangi Jam Kerja ASN

“Selama bulan suci Ramadhan jam kerja dikurangi satu jam dari hari biasanya,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Sekretariat Padang Panjang, Ampera Salim di Padang Panjang, Senin

Padangpanjang, PADANG-TODAY.com-Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat mengurangi jam kerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) selama bulan suci Ramadhan 1437 hijriah.

Advertisements

“Selama bulan suci Ramadhan jam kerja dikurangi satu jam dari hari biasanya,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Sekretariat Padang Panjang, Ampera Salim di Padang Panjang, Senin.

Pengerangan jam kerja ASN itu katanya, juga sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 03 Tahun 2016 tentang Penetapan Kerja ASN, TNI dan Polri pada bulan Ramadhan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang puasa Ramadhan pemerintah melakukan penyesuaian jam kerja selama bulan Ramadhan. Untuk itu, pemerintah menerbitkan surat edaran.

Hal itu jelasnya, dimaksudkan untuk menjaga dan menciptakan efisiensi dan produktivitas waktu yang digunakan selama bulan Ramadhan.

Dalam hal ini, para pegawai ASN, TNI, dan Polri diharapkan dapat memanfaatkan dan membagi waktu dengan sebaik-baiknya. “Waktu kerja di kantor tetap optimal, di pihak lain ada waktu bersama keluarga ketika menjelang berbuka puasa,” ujarnya.

Anggota DPRD Padang Panjang Hendra Saputra mengatakan, meskipun puasa, tetapi aparatur sipil negara tidak boleh kendor dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk mengendorkan pelayanan kepada masyarakat dalam melaksanakan pemerintahan,” katanya.

Masyarakat Padang Panjang Kahirat mengharapkan, dengan berkurangnya jam kerja ASN itu bisa memanfaatkan waktu luang untuk keperluan rumah tangga.

“Sekarang tidak alasan lagi bagi ASN memanfaatkan jam kerja untuk keperluan keluarga, karena jam kerja itu sudah dikurangi oleh pemerintah,” ujarnya.

Untuk Ramadhan tahun ini, jam kerja ASN mulai dari hari Senin sampai Kamis masuk pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB dan khusus hari Jumat masuk pukul 08.00 pulang pukul 15.30 WIB.

Sedangkan bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang memberlakukan enam hari kerja mulai Senin sampai Kamis masuk pukul 08.00 WIB pulang pukul 14.00 WIB dan khusus hari Jumat masuk pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 14.30 WIB.(nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*