Padang Pariaman Siap Sukses Ketahanan Pangan Nasional

 
PadangPariaman, PADANGTODAY.com-Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI Dr. Hasanudin Ibrahim apresiasi Bupati Ali Mukhni yang bersinergi dalam mensukseskan program nasional yang dicanangkan oleh Presiden jokowi mengenai Ketahanan Pangan Nasional. Hal tersebut ia sampaikan ketika meninjau arela persawahan sekaligus tanam perdana benih padi oleh masyarakat petani di Korong Kampung Rimbo Nagari Padang Bintungan Kec. Nan Sabaris, Jumat beberapa waktu lalu.

“Kita apresiasi Bapak Bupati beserta jajaran yang sangat fokus dalam bidang pertanian demi mewujudkan swasembada beras di Sumbar. Saya lihat hampir seluruh sawah masyarakat tumbuh subur dan memiliki irigasi yang bagus” kata Ketua Tim Opsus Padi,” Kedelai dan Jagung itu.

Menurutnya saat ini pemerintah sedang mencanangkan gerakan penerapan pengelolaan tanaman terpadu
padi dan jagung. Untuk di Padang Pariaman mendapatkan 200 hektar lahan pertanian dari 2500 hektar yang akan dibantu di Sumatera Barat. Sedangkan untuk tanaman jagung dibantu sebanyak 500 hektar yang tersebar di seluruh kecamatan, jelasnya.

Bupati Ali Mukhni mengatakan Padang Pariaman memiliki potensi yang menjanjikan di bidang pertanian. Untuk mendukung kegiatan tersebut telah dibangun mega proyek irigasi anai II yang membelah dua wilayah Padang Pariaman, mulai dari Lubuk Alung hingga perbatasan Kota Pariaman.

“Dengan adanya Irigasi Anai II akan mengairi sawah masyarakat seluas 7000 hektar. Kita optimis tahun ini Padang Pariaman akan swasembada beras yang jumlah produksi lebih meningkat dari tahun sebelumnya,” kata Peraih Penghargaan Ketahanan Pangan dari Gubernur Sumbar itu.

Selain itu, tambahnya, bahwa penanaman perdana bibit padi juga telah dilakukan di Korong Kasai, Kecamatan Batang Anai. Kegiatan tersebut dipelopori oleh jajaran Korem 032 Wirabraja dan Kodim 0308 Pariaman. Ia berharap areal persawahan tersebut menjadi pilot project nasional karena telah dipersiapkan secara matangp.

Sementara, Kadis Pertanian Peternakan dan Kehutanan Yurisman mengatakan bahwa Gerakan Penerapan pengelolaan tanaman terpadu padi dan jagung tersebut akan dicanangkan oleh Gubernur Irwan Prayitno bersama Dinas Pertanian Prop. Sumbar. Ia mengaku siap menjadikan Padang Pariaman sebagai salah satu lumbung beras terbesar di Sumbar.

“Insya Allah, Gerakan Penerapan pengelolaan Tanaman Terpadu Padi dan Jagung di Kampung Rimbo ini akan dikunjungi Bapak Gubernur tanggal 12 Maret mendatang. Kita bertekad wujudkan swasembada beras di Padang Pariaman,” kata Putra Lubuk Alung itu.

Disela-sela acara tersebut, memberikan bantuan masing-masing 100 ribu kepada tujuh orang ibu-ibu yang menanam benih padi. Terlihat wajah kegembiraan rakyat badarai tersebut melihat pemimpin yang dekat dan selalu memotivasi masyarakat dalam membangun Padang Pariaman.

Selanjutnya rombongan menuju areal persawahan di Nagari Pasie Laweh Kec. Lubuk Alung. Kegiatan penanaman perdana juga dilakukan oleh petani setempat. Bupati Ali Mukhni optimis Padang Pariaman menjadi daerah swasembada pangan di Sumbar. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*