Padangpanjang Gelar Festival Serambi Mekkah ke XIII

Padangpanjang – Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang melalui Dinas Pariwisata setempat menggelar Festival Serambi Mekkah ke XIII selama 3 hari kedepan, dilapangan Khatib Sulaiman, Bancah Laweh, Sabtu (31/8).

Festival yang mengangkat tema Padangpanjang Halal Fair tersebut, merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam menyambut tahun baru Islam, 1 Muharram 1441 H.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padangpanjang, Hendri Fauzan, AP. M.Si mengatakan Padangpanjang Halal Fair merupakan salah satu menjadi wadah bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk mempromosikan produknya kepada wisatawan.

“Sebelumnya, kami mengusung tema Papa Big Sale dan untuk tahun ini kami mengusung tema dengan Papa Halal Fair karena ini merupakan cerminan dari Padangpanjang yang memiliki pendidikan islami dengan pondok pesantren,” jelasnya.

Dikesempatan tersebut, selain pembukaan Festival Serambi Mekkah juga dilaksanakan event Silek Retreat. Ketiga event tersebut memiliki unsur tersendiri diantaranya, Festival Serambi Mekah merupakan Icon dari Kota Padangpanjang, Halal Fair dari segi keagamaan yang akan diikuti oleh santri dari Pondok Pesantren serta Silek Retreat yang merupakan Tradisi dan budaya dari Minangkabau.

Hendri Fauzan menambahkan, bahwa ini pertama kalinya 3 event dilaksanakan dalam waktu bersamaan. “Kami berharap kegiatan ini bisa kami laksanakan dengam baik, karena ini menjadi event terbesar bagi Pariwisata,” jelas Hendri Fauzan.

Untuk event Silek Retreat yang di lepas dengan iring iringan oleh Walikota Padangpanjang Fadly Amran, BBA bersama Wakil Walikota Drs. Asrul, Sekda Sonny Budaya Putra, AP, M.Si, unsur Forkopimda, OPD, Ninik Mamak Ketua Kerapatan Adat Nagari, turut hadir dan diikuti tiga Negara.

3 Negara yang ikut dalam event tersebut yakni Inggris, Malaysia dan Irlandia ditambah peserta dari Tingkat Nasional yakni dari Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur dan sasaran perguruan terpilih yang tersebar di Sumatera Barat.

“Kami berharap event tersebut dapat terlaksana dengan sukses serta berdampak terhadap perekonomian masyarakat tentunya, sedangkan untuk event Silek Retreat kami berharap ini menjadi event yang mampu memberikan kesan menarik bagi para peserta,” pungkas Fadly. (rel/ta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas