Padangpanjang Gelar Sholat Id di Lapangan Kantin

Padangpanjang, PADANGTODAY.COM -Pemerintah Kota Padangpanjang memusatkan kegiatan Shalat Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriah di Lapangan Anas Karim pada Minggu (5/10) mendatang.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kota Padangpanjang Nuldryman menyampaikan, sesuai dengan hasil rapat Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) kota setempat menetapkan pelaksanaan Shalat Id kembali di Lapangan Anas Karim, setelah beberapa kali Shalat Id dilaksanakan di Lapangan Kathib Sulaiman Banca Laweh.

“Bertindak sebagai Khatib Shalat Id adalah Bagindo M Letter dari Kota Padang,” sebut Nuldryman.

Dikatakannya, selain pelaksanaan shalat di Lapangan Anas Karim, juga akan dilaksanakan di Lapangan Brimob Silaing Bawah untuk kawasan Kecamatan Padangpanjang Barat dan Lapangan SMP 3 Gunung untuk kawasan Kecamatan Padangpanjang Timur.

Khusus untuk dipilihnya kembali Lapangan Anas Karim atau yang biasa disebut Lapangan Kantin untuk pelaksanaan Shalat Id setelah sempat dipindahkan ke Lapangan khatib Sulaiman Banca Laweh, Pemkot Padangpanjang memiliki beberapa pertimbangan.
Selain karena akses yang mudah dijangkau dari seluruh penjuru Padangpanjang termasuk juga warga dari sekitar, Lapangan Kantin juga ditunjang oleh sarana dan prasarana untuk tempat berwudhuk jemaah.

Tidak saja tempat berwuduk, setiap tahunnya jamaah yang Shalat Id di lapangan kantin, kata dia, mencapai puluhan ribu. Karena, selain jemaah dari Padangpanjang, jemaah dari beberapa daerah Tanahdatar bagian barat seperti Singgalang, Paninjauan, Batipuah, Tambangan dan Jaho lebih memilih untuk shalat di Lapangan Kantin tersebut.

Selain di lapangan terbuka Pemkot Padangpanjang juga telah menyiapkan sejumlah masjid yang akan dijadikan lokasi pelaksanaan Shalat Id jika cuaca hujan pada pelaksanaan Shalat Id.

Sejumlah masjid tersebut diantaranya, masjid raya Jihad di Kelurahan Balai-Balai, Masjid Zuama di Kelurahan Pasar Usang, Masjid Tauhid di Kelurahan Pasar Baru, Masjid Nurul Amri, Masjid Nurul Iman di Keluarahan Silaing Atas. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas