Padangpanjang Tuan Rumah Penyelenggaraan Tour de Singkarak Etape IV

Padangpanjang, padang-today  – Penyelenggaraan Tour de Singkarak (TdS) 2016 sudah di depan mata. Ajang bergengsi balap sepeda internasional itu akan dimulai pada 6 Agustus 2016 mendatang. Kota Padangpanjang menjadi tuan rumah dan titik start penyelenggaraan TdS 2016 untuk Etape IV pada 9 Agustus 2016.

Untuk mempersiapkan diri, Pemerintah Kota Padangpanjang melalui instansi terkait terus berkoordinasi untuk mematangkan persiapan. Sekretaris Daerah Kota Padangpanjang Edwar Yuliartha dalam rapat koordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata, Selasa (18/7) mengimbau, seluruh stake holder yang terlibat dalam penyelenggaraan TdS 2016 untuk dapat mempersiapkannya sebaik mungkin.

“Sebagai salah satu tuan rumah dimana Padangpanjang menjadi titik start etape IV, hendaknya seluruh stakeholder yang terlibat mematangkan persiapan sebaik mungkin seperti akomodasi dan keamanan,” katanya dalam rapat koordinasi di lantai III Balaikota Padangpanjang.

Kepada masyarakat, ia juga mengajak untuk dapat bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban dalam rangka mensukseskan event balap sepeda yang akan diikuti oleh berbagai negara itu di Kota Padangpanjang.

Kepala Dinas Porbudpar Kota Padangpanjang Sri Syahwitri menambahkan, sebagai tuan rumah yang baik, Pemko Padangpanjang telah mempersiapkan cinderamata berupa sandal yang biasa dipakai oleh para penghulu yang akan dibagikan kepada para pebalap. Sandal Penghulu (datuak) berbahan dasar kulit adalah salah satu produksi lokal, identitas Kota Padangpanjang sebagai daerah pengrajin kulit.

Tahun lalu, Kota Padangpanjang juga menjadi tuan rumah pada titik start dengan finish di Kabupaten Agam. Rute yang dilalui adalah dari Jalan Sudirman depan BRI ke Simpang Ekor Lubuk, belok kiri ke Simpang Kacang Kayu (batas kota), lalu Simpang Andaleh, Simpang Ganting terus ke arah RSUD.

Selanjutnya para pebalap Sepeda tersebut akan melewati Simpang Tanjung, naik ke jalan fly over, terus ke depan terminal, belok kanan ke arah Senja Kenangan kemudian berbelok ke kanan lagi ke batas kota Bukit Surungan. Dari Batas Bukit surungan para pembalap mengarah ke Jl. Sukarno Hatta, Simpang PDAM, berbelok ke kanan Simpang Bioskop Karya, Simpang Padang, Kantor Balai Kota, Batas Kota Silaing Bawah untuk melaju ke Sicincin dan finish di Kabupaten Agam. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas