Padangpariaman Gandeng PT. Pos Indonesia Dalam Pelayanan

PT. Pos Indonesia Menandatangani MoU dengan Pemkab Padangpariaman

PT. Pos Indonesia Menandatangani MoU dengan Pemkab Padangpariaman

Advertisements

Padang-today.com__Inovasi bidang kepegawaian yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman selayaknya menjadi contoh di Sumatera Barat yaitu menjalin kerja sama dengan PT. Pos Indonesia dalam pelayanan administrasi kepegawaian.

Kerja sama tersebut merupakan momentum bersejarah dan bentuk komitmen dari jajaran Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, dalam rangka meningkatkan pelayanan publik khususnya kepada PNS.

“Pelayanan kepegawaian ini adalah yang pertama di Sumatera Barat. Ini bukti pemerintah daerah mendekatkan pelayanan hingga ke pintu rumah ASN” kata Bupati Ali Mukhni usai menyaksikan penandatanganan MoU dengan Pejabat PT. Pos

Indonesia di Aula Kantor Bupati Padang Pariaman di Parit Malintang, Selasa (2/8).
Diceritakannya bahwa pada awal dilantik sebagai Bupati untuk periode kedua, ia fokus terhadap dua program yaitu pelayanan kepada masyarakat dan pelayanan kepada ASN.

“Alhamdulillah, Kepala BKD beserta jajaran mampu merealisasikannya” kata Peraih Satya Lencana Pembangunan itu.

Adanya kerja sama dengan Pt. Pos, kata Ali Mukhni akan banyak memberikan kemudahan dan keuntungan bagi ASN. Pertama, guru-guru yang mengajar dilokasi yang jauh bisa tetap mengajar tanpa perlu harus ke kantor BKD. Kedua, menghindari terjadinya kecelakaan.

“Ketiga, memberantras pungutan liar. Ini masalah yang klasik yang sudah menjadi penyakit kronis” kata Bupati yang didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.

Sementara Kepala BKD Idarussalam mengatakan terobosan yang dilakukan untuk mengoptimalkan Peran BKD sebagai perangkat daerah terdepan dalam memberikan pelayanan publik perlu lebih dioptimalkan.

Sebelumnya ia telah merangkum permasalahan admistrasi kepegawaian di Padang Pariaman terdapat tiga masalah utama yaitu adanya diskriminalisasi pelayanan, tidak adanya kepastian biaya dan waktu serta rendahnya tingkat kepuasan masyarakat.

“Atas perintah Bapak Bupati, kita harus carikan solusi terhadap tiga masalah utama itu. Alhamdulillah sudah luncurkan hari ini” kata Mantan Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Manusia itu.

Dikatakannya bahwa kerja sama dengan PT. Pos tersebut untuk melayani sedikitnya 7.767 ASN Padang Pariaman yang terdiri dari SKPD 1.559 orang, Kecamatan 234 orang, Guru 4869 orang dan Medis 652 orang. Adapun jarak terjauh kecamatan dari kantor Bupati yaitu 65 km yang memakan waktu tempuh 1,5 jam.

Dokumen pelayanan administrasi kepegawaian kepada ASN yaitu berupa  SK Pengangkatan sebagai PNS, SK Kenaikan pangkat, SK Pindah tugas, SK tugas Belajar & Izin belajar, SK Cuti, SK Mutasi Jabatan Fungsional dan SK Pensiunan.
Inovasi pelayanan kepegawaian tersebut, kata Idarussalam merupakan proyek perubahan pada Diklatpim II yang sedang diikutinya di LAN Bandung. Ia berharap terobosan ini sangat bermanfaat kepada PNS.

“Semoga inovasi ini bermanfaat dan menginspirasi SKPD yang lain untuk membuat terobosan serupa terutama dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat” kata jebolan Alumni APDN itu.(suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*