Padangpariaman Surplus Beras

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan didampingi Bupati Ali Mukhni menanam bibit padi di di Kampung Rimbo, Nagari Padang Bintungan, Minggu, (18/9/2016).

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan didampingi Bupati Ali Mukhni menanam bibit padi di di Kampung Rimbo, Nagari Padang Bintungan, Minggu, (18/9/2016).

Advertisements

Padang-today.com__Ketua MPR RI Zulkifli Hasan apresiasi keberhasilan Kabupaten Padang Pariaman sebagai lumbung pangan nasional dalam sepuluh tahun terakhir. Program swasembada beras tersebut sebagai bukti kerja keras dan kepedulian Bupati Ali Mukhni untuk mendukung program pemerintah pusat.

Menurutnya, Bupati Padangpariaman telah bekerja keras dalam mendukung program pemerintah pusat dalam bentuk swasembada beras. Sebagai bentuk wujud keseriusan bupati itu Padangpariaman sebagai lumbung pangan nasional dalam sepuluh tahun terakhir.

“Kita apresiasi Padang Pariaman selalu surplus beras sebnayak 5% selama sepuluh tahun terakhir. Ini bukti Bapak Ali Mukhni fokus dan peduli dalam bidang pertanian” kata Zulkifli pada Pencanangan Gerakan Tanam Penerapan Teknologi Jajar Legowo di Kampung Rimbo, Nagari Padang Bintungan, Minggu, 18/9/2016.

Dikatakannya bahwa produksi pangan bisa lebih meningkat apabila didukung dengan pemanfaatkan teknologi tepat guna. Dia menilai teknologi sudah selayaknya diterapkan agar petani bisa menghemat biaya namun produksi lebih banyak.

Dicontohkannya bahwa di negara maju seperti Jepang bahwa lahan pertaniannya tidaklah terlalu luas, namun dengan teknologi yang sudah maju maka hasil produksinya bisa optimal.

“Teknologi pertanian itu sangat penting dalam meningkatkan produksi. Saya lihat di Padang Pariaman sudah melakukannya. Kita apresiasi Bapak Ali Mukhni yang visioner dan penuh inovasi” kata Mantan Menteri Kehutanan itu.

Zulkifli meminta Pemerintah daerah dan DPRD agar senantiasa mendukung kebutuhan para petani baik melalui penyuluhan maupun memberikan bantuan sarana prasarana.

Pada kesempatan itu, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni mengatakan bahwa Kabupaten Paadang Pariaman menghasilkan produksi padi gabah kering giling (GKG) sebanyak 268.982 ton dan juga mengalami surplus beras sebanyak 130.696 ton dengan total luas lahan pertanian mencapai 22.856 hektare.

“Kita selalu surplus beras selama 10 tahun terakhir dan selalu memadapat penghargaan dari Pemerintah Pusat” kata Ali Mukhni.

Orang nomor satu di Padang Pariaman itu optimis dalam dua tahun ke depan Padang Pariaman bisa mencapai target produktivitas padinya sebasar 300 ribu ton sesuai target swasembada pangan nasional tahun 2017. Hal itu bisa tercapai, kata Ali Mukhni, karena daerahnya dijadikan pilot project dari Universitas Andalas dalam Tekonologi Tepat Guna.

Kita terima kasih dukungan dari semua pemangku kepentingan, TNI AD, Penyuluh, Kelompok Tani dan media yang mendorong sektor pertanian di Padang Pariaman” kata Bupati didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.

Pada kesempatan itu Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyerahkan bantuan Dana Alokasi Khusus yaitu 3 unit traktor roda empat, 3 unit transplanter, 5 unit pompa air, 5 unit traktor roda dua.

Bantuan diberikan kepada sejumlah kelompok tani, yaitu Kelompok Tani Harapan Baru, Oriza Sativa, Rimbo Jawi-jawi dan Serba Karya. Selain itu, Zulkifli juga sempat ikut menanam bibit padi di salah satu ladang sawah.(suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*