Pagaruyung Berselimut Asap, BPBD Siapkan Masker

Istana Pagaruyung diselimuti asap

Istana Pagaruyung diselimuti asap

Advertisements

Tanah Datar, PADANGTODAY.com– sekitar dua hari kabut asap telah menyelimuti kota Batusangkar dan wilayah tanah datar pada umumnya. Terlihat beberapa warga yang beraktifitas di luar rumah tampak mengunakan masker seperti halnya beberapa bulan yang lalu, ketika asap kiriman kebakaran hutan di daerah riau menyebabkan mendung asap di beberapa wilayah di sumatera barat.
Dari pantauan padangtoday.com pada hari ini rabu 17/09 secara kasat mata terlihat kabut asap semakin tebal menyelimuti kota Batusangkar dan sekitarnya, terlihat juga ikon tanah datar, Istana pagaruyuang pun berselimut asap yang cukup tebal.

Data BMKG menyebutkan, kabut asap disebabkan kiriman asap dari kebakaran hutan di beberapa wilayah di luar sumbar, titik api terbanyak terpantau di Sumatera Selatan yakni 264 titik api. Selanjutnya disusul Bangka Belitung sebanyak 22 titik api, kemudian Lampung 15 titik api, dan Riau 9 titik api. Diperkirakan kabut asap terbawa angin yang bergerak dari Selatan menuju utara Pulau Sumatera.

Kepala BPBD tanah datar Abrar menghimbau kepada masyarakat tanah datar untuk sementara dapat mengurangi aktifitas diluar rumah, dan apabila keluar rumah disarankan untuk mengunakan pelindung pernafasan seperti masker, dan bagi pengendara kendaraan khususnya dapat menyalakan lampu untuk mewaspadai jarak pandang yang semakin terbatas saat ini.
Hari ini BPBD (badan penanggulangan bencana daerah) tanah datar sedang melakukan pendataan jumlah siswa paud, SD, SLTP, dan SLTA karena mungkin besok kamis 18/09 akan dilakukan pembagian masker kepada siswa sekolah dalam rangka antisipasi kabut asap yang semakin tebal menyelimuti tanah datar saat ini, “ujarnya.(romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*