Pahlawanku Idolaku

 

Advertisements

Jakarta, PADANGTODAY.com-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) peringati hari pahlawan 10 November dengan mengusung tema besar ‘Pahlawanku Idolaku’ di kantor Kemendikbud Senin (10/11/2014). Tema tersebut dimaksudkan untuk menggugah semangat kepahlawanan sebagai ukuran nilai, baik sebagai contoh yang baik, maupun sebagai figur yang bisa ditiru dalam pencarian jati diri penerus bangsa.

Peringatan yang dilakukan dengan upacara bendera tersebut, dipimpin oleh Direktur Jenderal Pendidikan Menengah (Dikmen) Achmad Jazidie. “NKRI tidak akan bisa berdiri menjadi negara yang merdeka berdaulat dan terhormat seperti saat ini, tanpa perjuangan para pejuang, pendiri bangsa, dan pahlawan yang telah mengorbankan jiwa, raga, pikiran serta hartanya” ujarnya pada saat membacakan sambutan dari Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Dalam kesempatan yang sama Jazidie menjelaskan, diperlukannya rasa kesetiakawanan dan kepekaan sosial maupun batin dalam menjaga ikatan persatuan bangsa indonesia. Selain itu peringatan hari pahlawan diharapkan bisa mengingatkan kita tentang seberapa besar perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan dalam menghadapi penjajahan dan ketertindasan akibat kolonialisme dan imperialisme.

Jazidie menegaskan, hari pahlawan ini harus dimaknai dengan usaha kita menjaga dan mewujudkan tindakan serta pengorbanan seperti yang dicontohkan para pahlawan, tidak hanya sekedar ungkapan saja. Selain itu harus dijadikan sebagai kekuatan moral yang dapat diterapkan di semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara untuk Indonesia pada masa kini dan mendatang.

“Tema Pahlawanku Idolaku diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi penerus. Selain itu semangat juang dan semangat kebangsaan para pahlawan bisa selalu ada dan tertanam di hati setia insan indonesia dan menjadi kebanggaan atau idola sepanjang masa,” ujar Jazidie menutup sambutannya. (dil/Harriswara Akeda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*