Pakaian Dinas ASN Kembali Berubah

seragam baru ASN di PadangpanjangPadangpanjang, Padangtoday—Sejak Rabu (10/2) kemarin, pakaian dinas dan jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Padangpanjang kembali berubah. Dimana, para pegawai harus menggunakan seragam kemeja putih dan celana hitam serta masuk jam kerja mulai pukul 07.30 WIB.

Diberlakukannya aturan baru tersebut, sesuai dengan Peraturan Mendagri (Permendagri) nomor 6 Tahun 2016 tentang Perubahan Ketiga Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 60 tahun 2007 tentang Pakaian Dinas Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Kemendagri dan Pemerintah daerah.

Walikota Padangpanjang Hendri Arnis melalui Kabag Humas Setdako Padangpanjang menyampaikan, penerapan aturan baru tentang pakaian dinas ASN tersebut, sesuai dengan amanat Kemendagri dan telah mulai diberlakukan di Kota Padangpanjang semenjak Rabu kemarin.

“Hari ini (kemarin-red), seuruh ASN harus mengenakan kemeja putih dan celana hita setiap hari Rabu. Untuk Kamis, mengenakan pakaian Batik, Jum’at mengenakan pakaian muslim. Sedangkan seragam kuning kaki hanya digunakan pada Senin dan Selasa. Sementara, pakaian Linmas yang biasanya digunakan pada hari Senin, kedepannya akan digunakan pada peringatan Hari Linmas dan hari-hari tertentu saja,” sebut Ampera Salim.

Dikatakannya, selain mengenakaian pakain kemeja putih dan sejumlah pakaian lainnya, kepada ASN laki-laki juga diwajibkan mengenakan peci hitam dan kepada ASN perempuan tidak dibenarkan mengenakan celana panjang, tetapi rok.

“Kita mengharapkan kepada seluruh ASN untuk menaati aturan sesuai dengan Kemendagri tersebut, dimana aturan itu juga akan dibarengi dengan pengawasan mulai dari tingkat SKPD,” sebut Ampera Salim.

Sementara itu, instansi Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kominfo Kota Padangpanjang yang sehari-harinya mengenakan Pakaian Dinas Lapangan (PDL) dan Pakaian Dinas Harian (PDH) akan menyesuaikan tergantung situasi.

Kepala Seksi Operasi Satpol PP Kota Padangpanjang David Nover Marthin ketika ditemui Rabu kemarin menyebutkan, aturan baru tentang seragam ASN tersebut telah disosialisasikan di instansi penegak Perda itu.

“Kita sudah dapat suratnya, untuk personil yang mengenaka PDL akan tetap seperti biasa. Bedanya hanya pada personil adminstrasi dan staf biasa, dimana PDH hanya dipakai pada Senin dan Selasa, pada hari berikutnya akan sama dengan ASN yang lain,” jelas David Nover Marthin.

Dari pantauan Rakyat Sumbar sepanjang Rabu kemarin, perubahan pakaian dinas ASN tersebut juga dibarengi dengan penerapan aturan tentang jam masuk dan pulang kantor ASN di lingkungan Pemko Padangpanjang. Dimana, sejak 2015 silam jam masuk kantor diberlakukan dari pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 16.30 WIB, khusus untuk hari Jum’at pulang kantor jam 17.00 WIB.

Tetapi, mulai Rabu kemarin, jam masuk kantor dipercepat jadi pukul 7.30 WIB dan pulang kantor pukul 16.00 WIB, untuk hari Jum’at pulang pukul 16.30 WIB. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas