Paly Off Pra PON Catur, Ruby Selangkah Lagi ke PON, Reza Buka Peluang

PADANG,PADANGTODAY.COM-
Kepastian Ruby Tamono lolos PON sudah hampir 90 persen. Pasalnya hasil remisnya sore tadi melawan M. Kahfi Maulana membuat persaingan di perorangan putra semakin ketat. Hal itu karena Ronny Gunawan yang bakal menjadi lawan Ruby besok juga sudah punya nilai 4.

Dari pairing besok, setidaknya ada 6 pemain yang punya peluang. Masing-masingnya Ruby Tamono (4,5) dan lawannya Ronny Gunawan (4). Lalu ada M. Kahfi Maulana yang yang punya nilai 4,5 dan lawannya pemain Sumbar Reza Fajar Nugraha yang juga sudah mengumpulkan nilai 3,5. Lalu ada Kasman Lahay (Gorontalo) yang juga punya nilai 3,5, serta Imam Fauzi yang juga punya nilai 3,5.
“Bila Ruby menang atas Ronny Gunawan, maka ia lolos, dan jadi juara. Tapi bila ia remis maka Ruby tetap lolos, namun posisinys sebagai juara play off, tergantung hasil M. Kahfi Maulana. Kahfli sendiri posisinya juga masih rawan, karena lawannya Reza Fajar pasti juga ingin lolos. Kalau Reza menang, maka Reza juga berpeluang lolos. Pokoknya partai perorangan putra besok masih ramailah,” ujar Chessy Prila, Wasit Pairing Babak Kualifikasi PON XIX di Lembang.

Di beregu putra, Bali akhirnya memastikan dapat tiket PON setelah mereka mengalahkan Sulteng 4-0. Persaingan menarik justru terjadi di perebutan tiket kedua atau yang terakhir di beregu putra antara Jateng melawan Kalsel. Pasalnya bila hasilnya imbang, Kalsel yang lolos ke PON mendampingi Bali. Akhirnya dalam pertarungan yang panjang dan melelahkan, Jateng akhirnya menang 3 – 1 dan merebut tiket PON.

Regu Sumbar di babak ketujuh tadi sore kalah 0,5 – 3,5 dari NTB. Posisi Sumbar yang terus merosot setelah mengalami kekalahan atas Jateng (babak dan Kalsel, membuat Sumbar tak ada peluang lagi untuk merebut dua tiket yang ada. Itu sebabnya, pertarungan terakhir melawan NTB, hany menjadi pertarungan wajib (mandatory fight) bagi Sumbar.

“Meskipun kita dan NTB sama-sama sudah tidak ada peluang lagi, tapi kita tentu siap hadir dan tetap bermain. Bagaimana pun kita tentu tak ingin merusak pairing gang sudah ada,” ujar Kapten Regu Sumbar Yusra MS MN.

Di perorangan putri, dua pecatur Sumbar tadi sore berbeda nasib. Yasinta Tanzil yang sudah memiliki poin 2,5 akhirnya kalah dari pecatur Bali Elisabeth Musung. Sementara Chairin Hidayah yang kemaren punya memiliki nilai 1,5 justru mencatat kemenangan atas Lita Lizara dari Babel. Hasil itu membuat kedua pemain Sumbar itu berada di urutan 26 dan 27 dari 38 peserta. (can)

Namun peluang lolos PON bagi keduanya masih tetap ada. Soalnya di perorangan putri akan lolos 18 pemain untuk menggenapkan 20 pemain yang bakal tampil di PON, dimana dua pemain yang otomatis lolos adalah pecatur tuan rumah Jawa Barat. “Dengan masih adanya tiga babak tersisa, tentu saja peluang kedua pemain Sumbar masih ada,” tambah Chessy Prilla, wasit pairing dari PB. Percasi.

Di babak ketujuh besok, Yasinta akan berhadapan dengan pecatur Kalteng Aldalisa Vety Chandra, sedang Chairin Hidayah akan menghadapi Klarisa Sabila dari Aceh. Sementara di beregu putri, regu putri Sumbar yang kini mengemas nilai 6, besok akan menghadapi regu putri Jateng yang juga mengemas nilai 6.

Babak 7 (terakhir) Perorangan Putra besok
Ruby Tamono MN (Sumbar) 4,5 vs Ronny Gunawan IM (Jatim) 4
Reza Fajar N, MN (Sumbar) 3,5 vs M. Kahfi Maulana (DIY) 4,5
Achmad Raihan (Kalsel) 3 vs Kasman Lahay (Gorontalo) 3,5
Imam Fauzi (Sulteng) 3,5 vs Muhdar Andi (2)
Perorangan Putri
Yasinta Tanzil vs Aldalisa Vety Chandra (Kalteng)
Chairin Hidayah vs Klarisa Sabila (Aceh)
Beregu Putri
Sumbar 6 vs Jateng 6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*