PAN Ketua, Gerindra vs Golkar Tergantung Perolehan Suara PPP

Padangpanjang—Berdasarkan pantauan perolehan suara sementara partai politik (parpol) pada perebutan kursi legislatif DPRD Kota Padangpanjang periode 2019-2024 ini, Partai Amanat Nasional (PAN) berpeluang bakal merebut jabatan Ketua dari Partai Golongan Karya (Golkar).

Akumulasi dari berbagai sumber yang dihimpun, perolehan suara PAN di dua daerah pemilihan (Dapil) yang ada, berhasil mengantarkan 4 calon legislatif (Calleg). Sementara keberhasilan Golkar dari 3 callegnya, yakni dua di Dapil Padangpanjang Barat dan satu lainnya di Padangpanjang Timur, akan bersaing dengan Gerindra untuk kursi wakil ketua.

“Berdasarkan quick count dari semua TPS di setiap kelurahan, PAN sudah bisa dipastikan duduki kursi Ketua DPRD yang selama ini dikuasai Golkar. Namun posisi Wakil Ketua mendampingi NasDem, Gerindra yang bersaing dengan Golkar, tergantung kepastian perolehan suara PPP di Dapil 2 Padangpanjang Barat,” ungkap salah seorang sumber.

Gerindra dan Partai NasDem yang masing-masing di Dapil Padangpanjang Barat diraih dua calleg dan satu di Padangpanjang Timur, diprediksi bakal menduduki kursi Wakil Ketua DPRD. Hal ini sekaitan dengan akumulasi perolehan suara, Gerindra dan NasDem melebihi total perolehan Partai Golkar.

Sementara 4 dari 12 kursi yang tersisa di Dapil Padangpanjang Barat, bakal diisi masing-masing oleh PKS, PBB, PKB dan Demokrat. Sedangkan di Dapil Padangpanjang Timur, 6 kursi yang tersisa bakal diisi Golkar, Gerindra, PKS, PBB, NasDem dan Demokrat.

Menyikapi hasil penghitungan cepat banyak kalangan di kota berhawa sejuk itu, Liaison Officer (LO) Partai PAN menilai sebagai suatu yang belum dapat dijadikan acuan. Perolehan suara akan diketahui secara pasti untuk jadi pegangan semua pihak, yakni setelah melewati tahapan Pleno penghitungan tingkat kota oleh KPU.

“Saya juga mendengar, bahwa hasil quick count di luar banyak versi. Namun untuk lebih pastinya, tentu kita akan menunggu hasil rekap di kecamatan selesai dan dilanjutkan nantinya di tingkat kota sebagai dasar pelaksanaan Pleno oleh KPU,” jawab Alfiradi melalui selulernya.

Wajah Lama

Berdasarkan akumulasi pantauan perolehan suara masing-masing calleg parpol pada setiap kelurahan, baik Dapil (1) Padangpanjang Barat maupun Dapil (2) Padangpanjang Timur, masih didominasi wajah-wajah lama (table).

Sebanyak 12 kuota kursi pada Dapil (1) Padangpanjang Barat, tujuh wajah lama yang diprediksi tetap bertahan yakni Imbral (Nasdem), Hukemri (PAN), Mahdelmi (Golkar), Yudha Prasetya(Gerindra), Hendra  Saputra(PBB), Nasrullah Nukman(PKS) dan Erizal (PAN).

Sementara lima muka baru yang diprediksi akan berkantor di Kampung Jambak berdasarkan hitung cepat yakni, Herman (PKB), Micko Kirstie (Nasdem), Yovan Fadaya Remindo (Golkar), Nasrul Effendi (Demokrat) dan Reza Aditya Nugraha (Gerindra).

Sedangkan delapan kursi di Dapil 2 yang meliputi Kecamatan Padangpanjang Timur, sejumlah wajah lama juga bakal kembali mewarnai parlemen di kota berhawa sejuk itu. Masing-masing Yulius Kaisar (Gerindra), Puji Hastuti (Demokrat) , Idris (PKS), Novi Hendri (Golkar), dan Adityawarman ( PBB). Dan tiga wajah baru yang bakal melenggang ke gedung rakyat dari dapil ini yakni, Zulfikri (PAN), Kiki Anugerahdia (Nasdem) dan Mardiansyah (PAN).

Namun sejumlah kalangan masih memprediksi akan terjadi persaingan sengit antar caleg  hingga keluarnya rekapitulasi resmi dari KPU Kota Padangpanjang untuk kursi kedelapan di Dapil II Padangpanjang Timur dan kursi keduabelas Dapil Padangpanjang Barat .

Termasuk Ketua KPU Kota Padangpanjang, Octa Novisyah mengatakan hingga saat ini rekapitulasi perolehan suara tingkat PPK masih berlangsung dengan rentang waktu yang diberikan hingga 5 hari mendatang.

Terkait dengan hasil yang beredar saat ini, kami no comment. Hasil pastinya, paling tidak baru dapat terlihat setelah proses rekap di tingkat kecamatan selesai dilakukan. Insya Allah, dalam bulan ini juga semua tahapan rekap selesai selama tidak ada koreksian dari Bawaslu,” jawab Octa dihubungi terpisah.

Sementara itu, total perolehan suara masing-masing parpol yang melenggang ke parlemen dari rekap masing-masing kelurahan di Dapil (1) Padangpanjang Barat yakni PKB (1.288), Gerindra (2.237) Golkar (2.323), NasDem (2.674), PKS (1.634), PAN (2.530), Demokrat (881) dan PBB (2.060) serta PPP (758). Sedangkan di Dapil Padangpanjang Timur, PAN (2.115), Golkar (1.156), NasDem (1.467), Demokrat (1.690), PKS (1.510) PBB (1.155) dan Gerindra (2.054). (*)

Prediksi Formasi 20 Calleg Periode 2019-2024

Dapil (1) Padangpanjang Barat

1.Imbral (Nasdem)

2.Hukemri (PAN)

3.Mahdelmi (Golkar)

4.Yudha Prasetya (Gerindra)

5.Hendra Saputra (PBB)

6.Nasrullah Nukman  (PKS)

7.Herman (PKB)

  1. Micko Kirstie (Nasdem)

9.Nasrul Effendi (Demokrat)

10.Erizal (PAN)

  1. Yovan Fadaya Remindo (Golkar)
  2. Reza Aditya Nugraha (Gerindra) atau Weki Hariyanto (PPP)

 

Dapil 2 Padang Panjang Timur.

1.Zulfikri (PAN)

2.Yulius Kaisar (Gerindra)

3.Kiki Anugrahdia (Nasdem)

4.Puji Hastuti (Demokrat)

5.Idris (PKS)

6.Novi Hendri (Golkar)

7.Aditiya Warman (PBB)

8.Mardiansyah (PAN)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas