Panen Program SL-PTT di Pianggu Solok Sukses

PANEN: Wabup Solok Yulfadri Nurdin pada panen padi kelompok Muslimah di Nagari Pianggu, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok.

Advertisements

SOLOK, PATRONNEWS.CO.id

WAKIL Bupati Solok Yulfadri Nurdin melakukan panen perdana Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT), Kelompok Wanita Tani Muslimah, Nagari Pianggu, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi. Panen perdana itu juga dihadiri Anggota DPRD Sumbar dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Ghazali, kepala Dinas Pertanian Kabupaten Solok Admaizon dan Camat Sungai Lasi Epyardi.

Yulfadri menyebut, tujuan sejumlah program pertanian adalah untuk mendapatkan gabah yang berada pada kematangan optimal, minim kerusakan dan kuantitas hasil yang meningkat. Menurutnya, panen akan berhasil jika prosesnya dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Sesuai dengan hasil penelitian di bidang pertanian.

“Panen yang baik akan meningkatkan hasil, baik segi kualitas maupun kuantitas,” ujarnya.

Anggota DPRD Sumbar M Ghazali menyebut pelaksanaan SL-PTT tersebut didanai APBD Sumbar. Pria yang menggantikan Yulfadri Nurdin di DPRD Sumbar itu menyebut, program ini bertujuan untuk menciptakan kemandirian pangan. Yakni melalui usaha peningkatkan produksi.

“Penanaman dilakukan pada 3 november 2016 lalu. Tujuan utamanya adalah agar Kabupaten Solok tetap menjadi sentra produksi pangan di tingkat Sumbar,” ujar pria asal Nagari Saok Laweh Kabupaten Solok itu.

Sementara itu, Camat IX Koto Sungai Lasi Epyardi mengungkapkan Kelompok Wanita Tani Muslimah merupakan organisasi petani yang sangat kreatif di Kabupaten Solok. Epyardi menyebut, kelompok tersebut ke depannya sudah mempunyai program, yakni pembuatan pupuk kompos menggunakan bahan-bahan alami dan diformulasikan dengan trico.

“Mereka sangat kreatif. Buktinya, mereka mampu membawa program tingkat Sumbar ke tingkat nagari. Ini sangat patut diapresiasi,” ujarnya.

(rzl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*