Pangdam BB Bakal Menutup TMMD Di Tanah Datar

Danrem 032WBR Brigjen TNI Mirza Agus didampingi Dandim Tanah Datar Letkol Inf. Edi S Harahap melihat renovasi rumah tidak layak huni.

Padang-today.com –  Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhillah direncankan menutup pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 pada 13 November 2018 di Kabupaten Tanah Datar.

“Dijadwalkan penutupan TMMD ke-103 dihadiri Pangdam I/BB serta pejabat utama di Kodam,”kata Danrem 032/wbr Brigjen TNI Mirza Agus ketika melihat pelaksaan TMMD di Jorong Kubang Landai Nagari Saruaso.

Dalam kunjungan Danrem tersebut juga hadir Kasiter, Kasiops Korem didampingi Dandim Kabupaten Tanah Datar Letkol Inf Edi S Harahap dan Wali Nagari.

Dalam kesempatan meninjau lokasi tersebut, Danrem langsung melihat situasi dilapangan yang dikerjakan Satgas TMMD yakni pengerasan jalan sepanjang 2 km dan pengejoran jalan, rumah tidak layak huni (RTLH) dan MCK.

Mirza Agus minta tugas yang diembankan kepada prajurit, bekerja sama dengan masyarakat ini dapat dikerjakan sesuai rencana, tepat waktu dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Tanpa terasa kemanunggalan TNI membangun desa akan berakhir, tugas diembankan prajurit hendaknya dapat dikerjakan sesuai rencana,”imbuhnya.

Danrem menjelaskan, program TMMD ke-103 tahun 2018 untuk membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan di daerah terpencil, terisolir, dan terbelakang, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memantapkan kemanunggal TNI-Rakyat guna menyiapkan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara.

“TMMD merupakan ope­rasi bhakti TNI yang dilak­sana­kan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Kementerian, Pemda dan komponen masya­ra­­­kat sebagai upaya men­du­kung program pemerintah dalam percepatan pem­bangu­nan daerah,”katanya.

Program TMMD ini nyatakan dapat dirasakan langsung masyarakat. “TMMD ini tidak saja dalam bentuk fisik namun juga non fisik diantaranya memberikan pelayanan pengobatan gratis dilakukan prajurit TNI,”pungkas Mirza Agus.

Sementara itu Dandim Tanah Datar Letkol Inf Edi S Harahap menyatakan, Satgas TMMD secepatnya menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target di berikan.

“Dalam pelaksanaan TMMD tidak saja dari prajurit TNI terlibat namun juga dari Polri masyatakat serta pihak terkait lainnya,”katanya.

Program TMMD di Kabupaten Tanah Datar yang dilakukan satgas yakni pembuatan jalan sepenjang 2 KM, betonisasi jalan sehingga akses masyarakat lebih cepat dan perekonomian meningkat.

Tidak itu saja lanjutnya juga dilakukan renovaai rumah tidak layak huni, pengobatan gratis serta kegiatan lainya. “Sedangkan untuk non fisik, Satgas TMMD juga mengajarkan anak-anak mengaji, Penyuluhan tentang koperasi,”jelas Letkol Inf Edi S Harahap.(*rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas