Pansus 1 Usai Raker, Siapkan Konsultasi 3 Ranperda ke Jakarta

Ketua Pansus 1, H Maharnis Zul

Ketua Pansus 1, H Maharnis Zul

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Panitia Khusus 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang membidangi pembahasan Ranperda tentang Pengelolaan Zakat, Perlindungan Perempuan dan Anak, serta Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi telah melaksanakan Rapat Kerja dengan Tim Ranperda dari Pemko Payakumbuh pada Selasa (22/3/2016). Dikatakan oleh Ketua Pansus 1 H Maharnis Zul SPd, Rabu (23/3/2016) didampingi Kabag Humas Isman di Kantor DPRD Payakumbuh, bahwa sebab Jumat almanak merah, maka Senin (28/3/2016) Pansus 1 menuju ke Jakarta mengkonsultasikan 3 Ranperda yang sedang disempurnakan kembali oleh Tim Ranperda.

H Maharnis Zul mengatakan bahwa Ranperda Pengelolaan Zakat sangat penting bagi kemaslahatan masyarakat Payakumbuh. Pengelolaan zakat seperti di Jawa Timur dikelola dengan maksimal. Kantor BAZnya saja sama besar dengan Kantor Walikota di sana.

”Ranperda Perlindungan Perempuan dan Anak ini juga urgen kita segerakan. Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak (P2TPA) yang diketuai oleh Ibu Walikota selama ini telah bekerja melaksanakan program yang bisa,” ujar Maharnis Zul.

Disebutkannya program yang bisa, sebab belum diberikan anggaran untuk pelaksanaan kinerja sekaitan lembaga ini. Jika lembaga tiada beranggaran, sulit memang untuk bekerja dengan tuntutan kondisi di lapangan.

Sementara itu, H Maharnis Zul juga meminta agar penanganan kasus Perempuan dan Anak di Kepolisian juga telah dilakukan dengan efek jera. Ada Pelayanan Perempuan dan Anak.

“Jika, misalnya di rumah tangga itu ada kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), maka dengan dipanggil dan diberikan pengarahan oleh polisi, rasanya akan ada efek jera yang kuat,” Maharnis Zul menggambarkan.

Menyoal Ranperda ketiga: Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi H Maharnis Zul menjelaskan bahwa tidak boleh letbih dari 2 persen dari NJOP nilai retribusi ini. Ranperda ini nantinya akan berguna bagi aparat Dinas Perhubungan dan Kominfo dalam melakukan pengendalian menara telekomunikasi di Payakumbuh.

“Khususnya ada sebaran bagi telekomunikasi ini menjangkau wilayah-wilayah yang masih lemah jangkauan sinyal telekomunikasi,” terang H Maharnis Zul.

Pansus 1 DPRD diketuai oleh H Maharnis  Zul, SPd, Wakil Ketua Ir H Ahmad Zifal, Sekretaris Drs H Basril Latif dengan anggota Drs H Fitrial Bahri, Nasrul, Alek Wijaya SE, Ir Ahmad Ridha, Ir Adi Suryatama, Hurisna Jamhur SPd dan Marhidayandi AMd, sedangkan pendamping H Supaman SPd dan H Wilman Singkuan Ssos MM.(dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas