PANSUS II DPRD Tanah Datar Studi Banding Ke Padang Panjang

Padangpanjang, padangtoday – Pansus II DPRD bersama Tim RANPERDA Pemerintah Daerah Tanah Datar melakukan kunjungan kerja ke Kota Padang Panjang untuk melakukan studi banding tentang PERDA Pencegahan dan Penanggulangan Rabies yang telah ditetapkan oleh Kota Padang Panjang di tahun 2011 yang silam pada Rabu, (16/3).

Advertisements

Rombongan disambut langsung di kantor Walikota Padang Panjang oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sonny Budaya Putra, Kabag Hukum Ewa Soska, Kabag Administrasi Pemerintahan dan hukum Alber Dwitra, Kasat Pol PP Joni Aldo dan pejabat lainnya.

Didalam pertemuan tersebut rombongan yang di pimpin oleh Wakil ketua DPRD Tanah Datar Saidani SP itu mendapatkan penjelasan tentang PERDA Pencegahan dan Penanggulangan Rabies Kota Padang Panjang yang telah di tetapkan pada tahun 2011 dan tertuang dalam PERDA 2011 NO 14.

Isi PERDA 2011 No 14 sendiri diantaranya menghendaki Setiap orang atau badan yang memiki atau memelihara hewan penular rabies wajib melapor dan mendaftarkan hewannya ke dinas pertanian. Kemudian setiap hewan penular rabies diberikan vaksinasi rabies satu kali dalam satu tahun.

Didalam PERDA Tersebut mewajibkan pemilik hewan penular rabies untuk melaporkan kasus gigitan terhadap manusia dalam jangka waktu 24 jam sejak terjadinya kasus gigitan. Kemudian orang yang digigit oleh hewan penular rabies dapat melapor kepada dinas pertanian dan instansi terkait dalam jangka waktu 24 jam.

Tujuan ditetapkannya Peraturan Daerah menurut PERDA 2011 no 14 ini adalah untuk mendukung penegakkan hukum yang optimal terhadap ketentuan peraturan perundang undangan yang berhubungan dengan pencegahan dan penanggulangan rabies. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*