Panwascam 13 Kecamatan Dilantik, Sebab Kerja Berat Langsung Pembekalan

Panwascam 13 Kecamatan Dilantik, Sebab Kerja Berat Langsung Pembekalan. Ketua Bawaslu Yoriza Asra

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) di 13 kecamatan berjumlah 39 orang se-Kabupaten Limapuluh Kota untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020 resmi dilantik melalui pengambilan sumpah dan janji di Aula Shago Bungsu II, Lubuak Batingkok, Senin (23/12/2019).

Mereka akan bekerja demi suksesnya pemilihan yang akan berlangsung pada Rabu, 23 September 2020 mendatang. Pelantikan sendiri dilakukan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Yoriza Asra didampingi Komisioner Bawaslu, Ismet Aljannata dan Zumaira. Hadir juga Bupati Kabupaten Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Perwakilan Polres Limapuluh Kota, Polres Payakumbuh, TNI, dan pejabat terkait lainnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota Yoriza Asra menyebut, sebelum resmi dilantik, anggota Panwascam harus menjalani serangkaian seleksi yang cukup panjang. Mulai dari seleksi administrasi, seleksi tertulis online menggunakan sistem CAT, dan terakhir wawancara.

“Yang kita lantik hari ini adalah yang terbaik. Tidak ada titipan di sini,” tegas Yori.

Ia menyebut, tugas berat sudah menunggu Panwascam pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 nanti. Tantangan dalam melakukan pengawasan disebut Yori akan lebih besar untuk Pilkada dibandingkan Pemilu 2019 lalu.

“Agar seluruh Panwascam memahami seluruh aturan, baik aturan teknis maupun pengawasan. Panwascam harus mampu menjalankan tugas semaksimal mungkin,” lanjutnya.

Setelah resmi dilantik, 39 anggota Panwascam tersebut juga langsung diberikan pembekalan awal hari itu dan besoknya. Pembekalan kepada 39 orang anggota Panwacam menampilkan pemateri Ketua dan Anggota serta Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Lima Puluh Kota juga diberikan materi oleh anggota Bawaslu Sumatera Barat Nurhaida Yatti, SH, MH serta Tim Pemeriksa Daerah Sumatera Barat Muhammad Mufti Syarfie.

“Panwascam juga harus langsung berkoordinasi dengan seluruh stakeholder di kecamatan, mulai dari camat, kepolisian, TNI, dan sejumlah pihak lainnya,” tegas Yori.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi menilai apa-apa yang dilakukan Bawaslu Limapuluh Kota sejauh ini sudah cukup baik. Ia berharap jajaran Panwascam juga bisa menjalankan tugas dengan maksimal.

“Seperti yang disampaikan Ketua Bawaslu tadi, saya juga tidak pernah intervensi dalam pembentukan Panwascam. Yang dilantik ini adalah yang terbaik,” jelasnya.

Belajar dari pengalaman Pemilu 2019 lalu, Irfendi Arbi mengapresiasi kerja-kerja Bawasalu dalam mengawasi Pemilu. Sebagai kepala daerah, ia mengaku siap memenuhi panggilan dari Bawaslu apabila memang kehadirannya dibutuhkan.

“Kalau memang butuh konfirmasi saya, silahkan panggil. Saya akan datang,” tegasnya.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas