Para Bankir Prancis Suka Ngemil Financier Yang Empuk Legit

financiersPADANGTODAY.com – Kue-kue dari Prancis terkenal di seluruh dunia karena tampilannya yang cantik dan rasanya yang enak. Mumpung sedang liburan, coba saja buat financier. Cake yang seperti bolu porsi kecil ini aromanya wangi!

Advertisements

Financier berbentuk balok kecil dan dipanggang hingga berwarna cokelat keemasan. Konon, kue ini diciptakan pada akhir tahun 1800-an oleh sebuah toko kue di dekat Paris Bourse, bursa saham di Paris.

Karena berbentuk seperti batang emas, kecil, dan tak beremah, financier disukai para bankir yang sibuk. Konon, dari situlah sebutan ‘financier’ (ahli keuangan) untuk kue ini lahir.

Financier mirip dengan madeleine namun berbeda bentuk. Ciri khasnya adalah menggunakan beurre noisette atau mentega yang sudah dikaramelisasi sehingga aromanya lebih wangi.

Selain beurre noisette, bahan-bahan utama untuk membuat financier adalah tepung almond, tepung terigu, putih telur, dan gula. Loyangnya bisa seperti batang emas atau loyang muffin.

Setelah adonan financier disimpan dalam lemari es, bagian atas tengahnya disemprot selai. Barulah cake dipanggang. Tampilannya mungkin terlihat biasa saja, namun saat dicoba, aroma manis beurre noisette langsung terasa. Teksturnya padat dan lembap.

Karena teksturnya lembut, empuk dan aromanya wangi juga mudah dimakan, kue ini jadi salah satu camilan favorit para bankir di Prancis. Tertarik membuat financier? Coba resep Detikfood ini.

(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*