Para Hacker Ternyata Doyan Sekali Menggempur Website Pemerintah

Ilustrasi

Ilustrasi

PADANGTODAY.COM – Berdasarkan data dari ID-SIRTII Indonesia di tahun lalu pernah mendapatkan serangan cyber sebanyak 48.4 juta. Serangan tertinggi tercatat pada bulan Agustus 2014 yakni 18 juta serangan.

Sebelumnya, di bulan Juli juga nomor dua setelah bulan Agustus, ada 5 juta serangan. Ironisnya, dari total 48.4 juta serangan itu, terdeteksi jika hacker Indonesia sendiri lah yang justru menyerang lebih banyak dari hacker luar negeri.

Para hacker tersebut ternyata doyan sekali menggempur website-website milik pemerintah atau yang berdomain go.id. Masih menurut data ID-SIRTII, tercatat di tahun 2014 lalu ada 3.288 insiden serangan terhadap situs pemerintah.

“Domain pemerintah Indonesia sangat sering diserang, dari 12.088 insiden serangan ke situs web tahun lalu,” ujar Ketua ID-SIRTII, Rudi Lumanto pada acara seminar Virtus Security Day 2015 di Ritz-Carlton Hotel, Mega Kuningan, Jakarta, Kemarin (30/04).

Serangan dalam bentuk program jahat atau malware dinyatakan masih mendominasi, sekitar 12 juta serangan, serangan dengan memanfaatkan ke celah keamanan sekitar 24.168 serangan, record leakage 5,970 kasus, pengelabuan 1.730 kasus, serta domain leakage ada 215 kasus.

(hwa/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*