Para Pelajar Dan Guru SMA N 1 Salimpauang Antusias Dalam Gelaran Aksi Donor Darah

 

Tanah Datar, PADANGTODAY.com-Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Salimpaung melaksanakan aksi donor darah, kemaren di halaman sekolah setempat.

“Dikarenakan stock darah di Palang merah Indonesia (PMI) menipis, sementara itu tingginya kebutuhan akan darah untuk membantu orang yang sedang perawatan di rumah sakit, maka bermuara pada menipisnya stok darah di PMI disamping itu rasa kemanusiaan dan keinginan menolong sesama itulah ”Ungkap Wakil Kepala Sekolah bidang kesisiwaan Febri Orza.

Aksi donor darah ini bukan hanya melibatkan para siswa saja, namun para guru juga tak mau ketinggalan untuk mendonorkan darah mereka demi kemanusiaan.

“Saat kegiatan donor masih berlangsung, ada empat warga yang menemui pihak sekolah, karena keluarga mereka sedang membutuhkan darah,” ujar Febri.

Gelaran donor darah kali ini adalah bagian dari program kerja OSIS dan PMR yang ada di sekolah sehat tersebut. Dalam penyelenggaraannya, kata dia, dilakukan kerjasama dengan PMI Tanah Datar.
“Alhamdulilah dalam aksi donor darah ini kita berhsail mengumpulkan 24 kantong darah “Sebut nya.

Dr. Martining yang ditugaskan PMI Tanah Datar untuk mengelola kegiatan ini, menjelaskan, setiap hari stok darah memang kerap menipis di PMI. Untuk itu, tambahnya, aksi donor darah yang digelar keluarga besar SMAN 1 Salinmpauang memiliki nilai-nilai kemanusiaan yang teramat tinggi.

“Stok darah kerap menipis, bahkan terkadang habis. Sementara kebutuhan darah untuk kemanusiaan selalu meningkat. Apa yang dilakukan sekolah ini, pantas dicontoh oleh sekolah dan warga masyarakat lain,” sebutnya.

Di tempat terpisah, Kepala Markas PMI Tanah Datar Eko Markos mengaku bangga dengan apa yang dilakukan siswa dan Guru SLTA ini. Bahkan bila dilihat tingkat antusiasme siswa dan guru, dia malah mengaku sangat di luar dugaannya.

“Kami mengharapkan aksi donor darah ini bisa menjadi agenda atau kegiatan tetap di sekolah ini, sehingga dapat membantu menjamin stok darah di PMI dan rumah sakit,” ucap eko markos.(romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas